Destinasi Wisata Jakarta
Tujuan Wisata di Ibukota Jakarta (part 2)
March 22, 2017
0
, , , , , ,

Setelah membaca 3 tempat tujuan wisata pada tulisan ini, kita akan membahas tempat lain yang bisa dijadikan acuan untuk berwisata di ibukota Jakarta. Jika pada tulisan sebelumnya, tujuan wisata yang kita bahas lebih condong kepada tempat wisata yang bisa dikunjungi oleh kebanyakan kawula muda untuk menghabiskan akhir minggu, kali ini kita akan bahas tentang tempat yang bisa dikunjungi bersama keluarga, baik anak anak, remaja, orang tua maupun lansia.

TMII

TMII
Sumber : http://specindo[dot]com

1. Taman Mini Indonesia Indah
Taman Mini Indonesia Indah (TMII), seperti namanya, taman ini merupakan gambaran kebudayaan bangsa Indonesia dalam bentuk yang mini. Taman ini dibangun pada tahun 1972, digagas oleh Ibu Tien Soeharto, ibu negara dari presiden kedua Indonesia. Diresmikan pada tanggal 20 April 1975, taman ini berisi 27 anjungan sesuai dengan jumlah provinsi Indonesia pada saat itu (termasuk Timor Timur). Namun seiring dengan bertambahnya jumlah provinsi di Indonesia menjadi 33 provinsi dan juga dengan status Timor Timur yang telah merdeka menjadi Timor Leste, maka ditambah beberapa anjungan baru serta anjungan Timor Timur yang lama berubah nama menjadi Museum Timor Leste.

TMII on Google Maps

TMII on Google Maps

Selain berbagai anjungan tersebut, TMII juga menyediakan beberapa bangunan keagamaan dari agama-agama yang diakui di Indonesia, antara lain: Masjid Pangeran Diponegoro mewakilik umat Muslim, Gereja Katolik Santa Catharina mewakili umat Kristen Katolik, Gereja Protestan Haleluya mewakili Kristen Protestan, Pura Penataran Agung Kertabhumi mewakili agama Hindu, Wihara Arya Dwipa Arama mewakili agama Budha, dan Kuil Konghucu Kong Miao mewakili agama Kong Hu Cu. Keenam bangunan keagamaan ini mewakili keenam agama yang ada di Indonesia. Dari bangunan keagaaman serta beragam anjungan wisata dari tiap provinsi semakin menguatkan tekad Bhinneka Tunggal Ika yang digenggam erat burung Garuda sebagai lambang negara Indonesia. Menyatakan bahwa Indonesia tidak hanya dimiliki oleh 1 suku saja, 1 ras saja, atau 1 agama saja, namun Indonesia adalah milik seluruh putra putri bangsa Indonesia.

Directory Map TMII

Directory Map TMII
Sumber : https://id[dot]wikipedia[dot]org

Di TMII, kita juga dapa menemukan beberapa sarana rekreasi, taman, museum serta tidak ketinggalan Teater dan Bioskop, salah satunya yang terkenal adalah Teater IMAX Keong Mas.

Keong Mas

Keong Mas
Sumber : https://www[dot]flickr[dot]com

Snowbay TMII

Snowbay TMII
Sumber : http://geulisindonesia[dot]com

Istana Anak Indonesia

Istana Anak Indonesia
Sumber : http://gita-laras[dot]blogspot[dot]co[dot]id

Untuk informasi lebih lanjut dapat berkunjung langsung ke website remsi Taman Mini Indonesia Indah di http://www.tamanmini.com

2. Ancol

Ancol atau Taman Impian Jaya Ancol, merupakan sebuah objek wisata bernauansa lingkungan sosial dengan sajian hiburan yang berkualitas yang berunsur seni, budaya dan pengetahuan. Ancol terletak di Jakarta Utara, merupakan sebuah kawasan terpadu yang digagas pada tahun 1966 oleh Pemerintah Provinsi DKI Jakarta. Area Pariwisata terintegrasi ini memiliki luas sekitar 552 Ha, dengan lokasi yang berada di pinggir pantai, dan akses yang sangat mudah yang didukung oleh Jalan Tol, Bus Way, dan akses KRL menjadikan tempat ini sebagai salah satu tujuan wisata yang paling banyak dikunjungi oleh penduduk DKI Jakarta, atau dari daerah pendukung kota Jakarta, seperti Bekasi, Depok, Bogor atau pun dari daerah Tangerang.

Untuk para pengunjung akan dikenakan biaya masuk ke daerah Ancol. Sesampainya di dalam, para pengunjung akan disuguhi pemandangan khas Pantai dengan dekorasi disana sini yang memanjakan mata para pengunjung sepanjang 5 km dan promenade sepanjang 4 km. Selain Pantai dan Taman dalam Ancol, pengunjung juga dapat menikmati berbagai area bermain yang tentunya dikenakan biaya yang berbeda. Beberapa arena permainan yang disuguhkan antara lain:

Dunia Fantasi

Dunia Fantasi

Dunia Fantasi atau yang biasa disingkat Dufan, merupakan theme park pusat hiburan outdoor terbesar di Indonesia yang memanjakan pengunjung dengan Fantasi Keliling Dunia. Berbagai wahana yang ditawarkan cukup variatif, mulai dari wahana bermain bertema anak, keluarga hingga wahana bertema ekstrim. Ada Ice Age Arctic Adventure, Hello Kitty Adventure, Halilintar, Tornado, Niagara-gara, Istana Boneka, Hysteria, Arung Jeram, Perang Bintang, Ubanga Banga, Kalila Adventure, Rumah Miring, Poci-poci, Kicir-kicir, Alap-alap, Pontang-pontang, Ontang-anting, Ombang-ombang, Rajawali, Burung Tempur, Baku Toki, Gajah Beledug, Kora-kota, Turangga-Rangga, Bianglala, Panic House, serta beberapa arena dan hiburan lain yang pertunjukannya berdasarkan musim dan pada waktu tertentu. Untuk informasi mengenai wahana ini, bisa kunjungi website resminya di www[dot]ancol[ancol]com/id/destinasi/dunia-fantasi

Atlantis Water Adventure

Atlantis Water Adventure

Wahana yang menawarkan hiburan bertema taman bermain air juga tersedia di Ancol, adalah Atlantis Water Adventure yang biasa disebut Atlantis, wahana yang merupakan revitalisasi dari Taman Rekreasi Air Gelanggang Renang Ancol ini memiliki luas 5 Ha dengan 8 kolam utama.

Ocean Dream Samudra

Ocean Dream Samudra

Gelanggang Samudra atau Ocean Dream Samudra adalah taman bermain bernuansa konservasi alam yang mengajak pengunjung untuk mengenal lebih dekat dan menyayangi satwa alam seperti lumba-lumba, paus putih, dan anjing laut. Selain itu, pengunjung juga dapat merasakan langsung pengalaman menonton sinema 4D dengan menggunakan kacamata tertentu dalam teater yang dibuat khusus untuk merasakan petualangannya.

Sea World

Sea World

Sea Word adalah akuarium bawah air pertama dan satu-satunya di Indonesia yang menawarkan pemandangan bawah laut seluas 2 Ha. Pengunjung akan disuguhi habitat dunia air dengan melihat langsung dari bawah air.

Sepeda Sirkus

Sepeda Sirkus

Alive Museum, teater seni bernuansa 3D yang menawarkan berbagai karya seni dengan pengambilan sudut gambar tertentu yang menjadikan gambar terasa hidup. Untuk mengenal dan mengetahui keseruan di Wahana ini, pembaca bisa jalan jalan dengan borukaro di tulisan Alive Museum Ancol, Tempat Wisata Seru di Kota Jakarta.

Selain berbagai wahana diatas, terdapat beberapa tempat dan sudut yang dapat dikunjungi baik untuk pengunjung biasa maupun untuk beberapa pengunjung dengan akses tertentu seperti Putri Duyung Cottage, Padang Golf Ancol, Marina, Pasar Seni, Pulau Bidadarai Kepulauan Seribu, Ritel, Hailai Executive Club, Kereta Gantung (Gondola), Bowling dan Wisara Kuliner yang tentunya tetap akan memanjakan para pengunjung Ancol sehingga betah untuk berlama-lama disini.


About author

Sabar Tampubolon

Suka baca dan nonton, nulis cuma jadi salah satu pelampiasan selain ngoding.

Pulau Kelapa Lampung

Explore Pulau Kelapa Lampung dan Muncak Teropong Laut

Day 4 Hari ke empat aka...

Read more
Teluk Kiluan

Explore Laguna Gayau Teluk Kiluan

Day 3 Ini cerita perjal...

Read more
Tanjung Putus

Explore Pahawang dan Tanjung Putus

Day 2 Setelah menulis...

Read more

There is no comment

Leave a Reply