Artikel Traveling
Jalan-Jalan Seru ke Candi Singhasari
October 31, 2017
0
Candi Singhasari1

via. wikipedia.org

Di ujung utara Kabupaten Malang, berdiri dengan megah Candi Singhasari yang merupakan peninggalan dari Kerajaan Singhasari. Kini, kawasan yang dulunya salah satu kerajaan paling besar di Jawa Timur itu bernama Singosari, dan menjadi kawasan gerbang masuk ke Kota Malang dari arah Utara.

Meski jalan raya Singosari selalu dilewati oleh siapapun yang hendak menuju ke Malang, namun tak banyak yang ingat buat mampir ke kawasan Singhasari Temple. Padahal, ada banyak hal seru yang bisa kamu lakukan di Candi Singhasari dan kawasan-kawasan di sekitarnya.

Candi Singhasari

Tujuan utama dari semua tempat wisata di Malang, khususnya di Singosari tentulah Candi Singhasari itu sendiri. Bangunan ini masih berdiri dengan megah dan menjadi cagar budaya yang dilindungi oleh pemerintah Kabupaten Malang.

Candi Singhasari2

via. mrebot.com

Mudah saja mencari lokasi Candi Singhasari, sebuah gerbang besar berdiri tegak di dekat Pasar Singosari. Tak begitu jauh dari jalan raya, kamu akan menemukan sebuah bangunan Candi yang megah.

Waktu terbaik buat datang ke Candi Singhasari adalah di pagi hari, tepatnya setelah subuh. Di waktu ini, udara masih dingin dan sinar matahari yang masih malu-malu membuat kawasan Candi jadi semakin megah.

Kawasan wisata Candi Singhasari dibuka setiap hari, dari malam sampai sore hari. Di sekitar Candi, terdapat beberapa tempat memarkir kendaraan, sehingga kamu tak perlu bingung dengan kendaraan di sana.

Pemandian Kendedes

Pemandian Kendedes

via. kompas.id

Tak jauh dari Candi Singhasari, terdapat kolam pemandian yang dulunya dipakai oleh Ratu Singhasari, Ken Dedes untuk mandi setiap hari. Air di kolam pemandian ini sangat bening, dan dibuka untuk umum.

Saking cantiknya, pemandian Ken Dedes menjadi salah satu tempat wisata andalan di Malang. Kamu bisa mandi di sana, atau sekedar mengambil foto di tempat pemandian sang ratu yang amat dipuja di Singhasari.

Candi Sumberawan

Melangkah sedikit lebih jauh lagi, terdapat Candi Sumberawan. Berbeda dengan Candi Singhasari yang merupakan peninggalan kerajaan Hindu, Sumberawan adalah tempat beribadah para penganut Buddha.

Sampai saat ini, Candi Sumberawan masih menjadi tempat ibadah para penganut agama Buddha di Malang Raya. Kawasan ini pun selalu ramai dikunjungi ketika Hari Waisak tiba.

Bakso Sumsum

Bakso Sumsum

via. foody.id

Liburan ke tempat wisata di Malang tapi nggak mencicip bakso itu rasanya kurang afdol. Dan salah satu kuliner bakso terbaik di Malang Raya adalah bakso sumsum Cak Hadi atau Cak Kar yang letaknya dekat dengan Candi Singhasari.

Kedua bakso ini menyediakan menu pentol sumsum yang akan meledak di dalam mulut. Buka dari sore, kamu harus rela antri untuk mendapatkan semangkuk bakso terbaik di kawasan Singosari dan sekitarnya ini.

Mudah Dijangkau Angkutan Umum

Tak membawa kendaraan sendiri? Tak perlu risau karena kawasan Candi Singhasari dan sekitarnya sangat mudah dijangkau dengan kendaraan umum. Dari tepi jalan raya, kamu bisa naik ojek atau angkutan kota yang berjajar di sepanjang gerbang menuju kawasan Candi.

Jarak Candi Singhasari dari pusat Kota Malang pun tidak terlalu jauh. Demikian pula jaraknya dari Bandara Abdul Rachman Saleh, terdapat jalur tembus dari bandara langsung menuju kawasan Candi Singhasari yang membuat perjalananmu semakin singkat.

Liburan ke Candi Singhasari tidak hanya membuat momen senang-senangmu makin seru. Tapi juga menambah pengetahuan dan pengalaman yang nggak bakal kamu lupakan dan bisa jadi cerita buat anak cucu nanti.


About author

borukaro

Anak Pulau Samosir yang terdampar di Ibukota Negara. NM dari DEL. Anggap saja anak IT abal-abal yang suka nulis. Paling suka jalan dan makan, nonton, tidur dan koleksi film

Pizza-Andaliman3

Pizza Andaliman, Cita Rasa Italia di Tanah Batak

Pizza, mungkin makanan ini sudah tidak terasa asin...

Read more
Mi Aceh
Sumber : indonesia-Tourism[dot]com

Kuliner Unik Khas Sumatera Utara yang Wajib Dicoba

Sumatera Utara selalu identik dengan kota Medan, w...

Read more
Tidur Berkualitas

Tips Menjaga Kesehatan Menjelang Liburan ala Anak Rantau

Bagi kamu yang ingin libur panjang diakhir tahun i...

Read more

There is no comment

Leave a Reply