Artikel Traveling Kuliner Medan
Kuliner Khas Batak yang Wajib Dicoba Jika Bertandang ke Tanah Batak
October 22, 2016
1
, , , , , ,

Aku akan membahas mengenai kuliner khas Batak yang wajib dicoba jika bertandang ke Tanah Batak. Bicara soal makanan memang ngga akan ada habis-habisnya yah. Pengaruh efek suka makan jadi tau banyak makanan, banyak rasa dan makin yakin kalau Indonesia itu kaya. Berhubung karena aku bukan pemilih-milih makanan, aku cukup gampang dibawa kemana-mana. Biasanya tidak langsung dikalahkan sama bentuk makanan. Aku akan lebih memilih untuk mencoba terlebih dahulu. Nah…kali ini aku akan mengajak kamu yang suka kuliner khas Batak yang banyak kamu temukan di daerah pesisir Danau Toba dan Daerah Tapanuli. Aku anggap ini sebagai jajanan anak kampung, karna aku anak kampung 😀 . Sambil menambah nostalgia teman-teman yang dulu pernah menikmati ini juga. Ini beberapa kuliner khas Batak yang wajib dicoba dan sangat aku rekomendasikan supaya kamu tau rasa lidah Batak. 🙂

Mi Gomak

Mi gomak menjadi salah satu kuliner khas Batak yang wajib kamu coba. Mi gomak memiliki bentuk yang sangat mirip dengan spaghetti dan sangat mudah bisa kamu temukan di daerah Toba dan sekitarnya. Tak jarang mi gomak menjadi salah satu oleh-oleh yang dibawa para perantau karena memang mudah dimasak dan memiliki cita rasa sendiri tidak seperti mi lainnya.
Mi gomak biasanya digoreng atau dibuat berkuah. Aroma bumbu dan campuran irisan bawang gorang, santan dan andaliman (salah satu rempah yang banyak ditemukan di daerah dataran tinggi Toba). Kalau aku lebih suka masak mi gomak dengan kuah dicampur daging b2, akan semakin mantap rasanya.

Mi Gomak Pasar Senen

Mi Gomak

Lappet

Lappet adalah makanan yang berbetuk limas, menjadi makanan khas Batak yang terbuat dari beras yang digiling dan dibungkus dengan daun pisang. Untuk cara pembuatannya juga cukup mudah. Berbahan dasar tepung beras atau ketan. Tepung beras/ketan dicampur dengan sedikit gula putih, kelapa parut yang belum terlalu tua dan gula merah (gula aren) kemudian dikukus sampai matang. Biasanya di tengah lappet ada gula aren tapi ada juga yang dicampur langsung dengan kelapa parut, gula putih dan kelapa sehingga warnanya tetap putih. Rasanya hampir mirip sekali dengan putu bambu dan enak disantap saat masih hangat. Biasa disajikan dengan teh manis hangat.

Kuliner Khas Batak

Lappet
Sumber : resepkueterbaru[dot]com

Itak Gurgur

Itak gurgur berbahan dasar sama dengan lappet, bedanya itak gurgur tidak dibungkus daun pisang dan tidak dikukus, langsung dimakan mentah. Tepung beras dicampur dengan campuran kepala muda parut, gula aren, gula putih dan garam secukupnya supaya rasa tidak hambar. Biasanya untuk acara adat Batak ada makanan ini.

Itak Gurgur Makanan Khas Batak

Itak Gurgur Sumber : resepkueterbaru[dot]com

Pohul-pohul

Pohul-pohul memiliki rasa yang hampir sama dengan lappet. Cara pembuatannya juga sama dengan itak gugur bedanya pohul-pohul dikukus. Langsung dibentuk bulat dan dimampatkan menggunakan tangan. Arti pohul sendiri adalah proses mengepal adonan dengan 5 jari sehingga bentuknya seperti di bawah ini.

Pohul-pohul Kuliner Khas Batak

Pohul-pohul
Sumber :resepkueterbaru[dot]com

Tipa-tipa

Tipa-tipa adalah jajanan yang banyak ditemukan di daerah Porsea. Tipa-tipa ini terbuat dari biji padi muda yang digongseng dan ditumbuk menjadi pipih sehingga bisa dijadikan sebagai cemilan. Tak jarang jajanan ini dijadikan sebagai oleh-oleh karena bisa tahan lama. Tipa-tipa memiliki aroma yang harum dan gurih. Biasa dinikmati dengan menambahkan sedikit gula untuk memberi sedikit rasa manis.

Tipa-tipa Kuliner Khas Batak

Tipa-tipa
Credit to @fitrikimmy

Hare

Makanan ini pertama sekali aku coba dan lihat di Pasar Balige. Konon katanya jajanan ini banyak ditemukan di acara pesta adat Batak. Hare terbuat dari tepung beras yang dicampur dengan sedikit kencur dan kunyit kemudian dimasak dengan santan sampai berbentuk seperti bubur. Untuk rasanya sedikit manis perpaduan dari manis beras dan santan. Kalau kamu Balige, jangan lupa mencoba makanan yang satu ini.

Hare Kuliner Khas Batak

Hare
Credit to @fitrikimmy

Kacang Sihobuk

Sihobuk adalah nama desa yang melegenda karena menjadi salah satu penghasil Kacang Sihobuk, Tapanuli. Kacang tentu banyak ditemukan dimanapun, yang menjadikan kacang ini istimewa karena dihasilkan langsung dari kacang terbaik desa Sihobuk duluanya, yang kini sudah beredar luas karena menjadi salah satu oleh-oleh khas daerah Tapanuli. Sudah banyak ditemukan mulai dari Porsea sampai ke daerah Tapanuli. Soal kualitas kacang tidak perlu ditanya, ukuran yang besar dan padat tidak akan membuatmu bosan menikmati kacang ini. Kacang digongseng dengan campuran pasir pada 1 kuali untuk menghasilkan tingkat kematangan yang merata.

Kacang Sihobuk Kuliner Khas Batak

Kacang Sihobuk
Sumber : tapiannauli[dot]com

Tuak

Tuak adalah salah satu minuman beralkohol rendah paling digemari orang Batak yang diolah dari hasil fermentasi buah yang memiliki kandungan gula. Sebenarnya ada yang manis dan ada yang pahit. Dan yang pahit biasanya yang beralkohol. Diproduksi dari pohon enau ataupun kelapa. Tuak banyak ditemukan di kedai yang biasa menjadi tempat untuk berkumpulnya bapak-bapak untuk berbincang-bincang untuk sekedar bersosialisasi. Untuk informasi tuak juga bisa menyehatkan dan menghangatkan tubuh.

Tuak Minuman Khas Batak

Tuak
Sumber : tobatabo[dot]com


Sebenarnya masih banyak lagi makanan yang bisa ditemukan disana, tetapi makanan ini wajib kamu coba. Ayo yang punya makanan khas daerah, apa yang jadi favoritmu?


About author

borukaro

Anak Pulau Samosir yang terdampar di Ibukota Negara. NM dari DEL. Anggap saja anak IT abal-abal yang suka nulis. Paling suka jalan dan makan, nonton, tidur dan koleksi film

Candi Singhasari1

Jalan-Jalan Seru ke Candi Singhasari

[caption id="" align="aligncenter" width="628"]

Read more
cover-borukaro-wedding

Rekomendasi Tempah Sepatu Pernikahan di Jakarta

Sepatu menjadi salah satu dalam daftar yang aku pe...

Read more
borukaro wedding makeup13

Wedding Makeup Winda Salon Parapat

Mungkin ngga terlalu familiar dengan nama salon in...

Read more

There is 1 comment

  • […] detail makanan unik khas Batak lainnya yang bisa kamu coba di Daerah Batak ada di sini. Seperti hare, itak, migomak dan tipa-tipa. Silahkan menuju kesana. […]

  • Leave a Reply