Destinasi Wisata Jogjakarta
Pesona Foto Underwater di Umbul Ponggok Klaten
December 19, 2016
2
, , ,

Umbul Ponggok Klaten yang ada di Klaten Jawa Tengah ini aku kunjungi masih dalam perjalanan di Jogja. Aku baru menyadari kalau Umbul Ponggok bukan bagian dari kota Jogja lagi. Jadilah kami menuju Klaten sekitar 1 jam dari Jogja Kota. Lokasi detail di Ponggok, Polanharjo, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah. Aku, Winda dan Harry berangkat dari Jogja pagi hari supaya tidak sampai disengat panasnya matahari siang saat di umbul. Perkenalkan terlebih dahulu Harry ini teman satu kampungku juga di Samosir dan bertemu di Jogja. Hayo, masih yakin kalau dunia ini sempit? Luas kok, ketemu di perantauan.

Umbul Ponggok Klaten

Bermodalkan google maps, sesekali nyasar. Tetapi sangat dipermudah dengan jalanan yang sudah bagus. Dan bisa dikatakan sampai ke lokasi tidak ada jalan rusak start berangkat dari Indomaert Janti. Jika kamu masih backpackeran kesana dan belum tau jalan, aku rekomendasikan pakai koneksi paket data telkomsel karena paket data 3 bahkan tidak bisa sampai ke pelosok. Pastikan untuk punya paket data kalau baru pertama kali kesana. 😉

Lokasi Umbul Ponggok menjadi lokasi kekinian kata temanku, di tempat ini kamu bisa berenang bebas dengan ikan-ikan dan mengambil aneka fotografi dalam air. Sampailah kami di lokasi dengan membayar biaya masuk sebesar Rp.10.000/orang.

Aktivitas yang bisa dilakukan di Umbul Ponggok

  1. Snorkling
    Kamu bisa berenang dengan ikan-ikan yang banyak di kolam. Anehnya ikan-ikan di tempat ini sangat jinak dan tidak terlalu takut manusia dengan ukuran yang bervariasi. Bahkan ada ikan yang lumayan besar sekali.
  2. Berenang
    Di tempat ini bisa kamu manfaatkan untuk berenang dan juga belajar berenang. Ada baiknya menggunakan pelampung jika belum paham berenang mengingat ini air tawar jadi kita akan ditarik ke bawah.
  3. Berfoto lucu dalam air
    Ini menjadi tujuan favorite banyak orang kesana. Berfoto-foto lucu dalam air seperti di darat dengan tema-tema yang sudah ditentukan. Memanfaatkan perlengkapan yang sudah usang dan dimasukkan ke dalam air. Objek yang difoto dalam air diupayakan seakan berada di darat.

Kamu tidak perlu repot-repot membeli perlengkapan renang jika belum punya karena di lokasi umbul ponggok sudah ada tempat penyewaan dengan detail biaya sbb:

  1. Snorkel = Rp.13.000
  2. Fin (kaki katak) = Rp.7.000
  3. Pelampung = Rp.7.000
  4. Ban = Rp.5.000
  5. Mandi = RP.2.000

Umbul Ponggok buka SETIAP HARI

Pukul : 07.00-17.00 WIB

Foto Underwater Umbul Ponggok Klaten
Sumber : portalwisata[dot]com

Foto Underwater Umbul Ponggok Klaten
Sumber : pondokshafalla[dot]com

Foto Underwater Umbul Ponggok Klaten
Sumber : umbulklaten[dot]com

Foto Underwater Umbul Ponggok Klaten
Sumber : indonesiana[dot]merahputih[dot]com

Umbul Ponggok Klaten

Umbul Ponggok Klaten

Umbul Ponggok Klaten

Umbul Ponggok Klaten

Umbul Ponggok Klaten

Umbul Ponggok Klaten

Umbul Ponggok Klaten

Untuk melakukan sesi foto underwater bisa dilakukan dengan menggunakan kamera sendiri tetapi hanya bisa berfoto dengan ikan-ikan di tengah air yang jernih 😛 . Sedangkan jika ingin menggunakan alat dan tema-tema foto dalam air, hanya boleh digunakan jika menggunakan jasa foto underwater dari pihak Umbul Ponggok. Namun harga sewa kamera berbeda dengan sewa perlengkapan background foto underwater yah. :). Jadi misalnya kamu ingin berfoto dengan sepeda, kamu hanya bisa menggunakan sepeda dan cukup membayar sepeda saja sedangkan untuk perlengkapan yang lain ada paket harganya lagi.

Jasa sewa kamera underwater

Rp.60.000/30 menit

Rp.100.000/1 jam

Info detail sebelum kesana, kamu bisa menghubungi ke nomor ini +6227-2335-9007 terlebih dahulu untuk memastikan lokasi dibuka atau tidak. Dan untuk menanyakan harga setiap paket jika ingin berfoto di dalam air.

Tips

  1. Untuk kamu yang ingin menghasilkan foto yang bagus saat di Umbul Ponggok pastikan datang saat hari kerja, atau jika hari libur atau weekend datang lebih pagi karena banyaknya orang akan mempengaruhi tingkat kejernihan air.
  2. Akan lebih baik menggunakan pelampung jika belum mahir berenang karena air dalam kolam diisi dengan air tawar.
  3. Untuk memastikan lokasi sedang buka atau tidak ada baiknya menanyakan ke pusat informasi nomor di atas.
  4. Tidak menangkap ikan-ikan yang berenang bebas atau sengaja mengganggu ikan.
  5. Tetap menjaga kebersihan termasuk untuk tidak buang air dalam kolam.

Saran untuk penyedia layanan

  • Harga masing-masing perlengkapan foto dalam air cukup mahal untuk 1 latar foto saja. Mungkin bisa harganya dikurangi 😀
  • Karena semakin banyaknya kamera underwater, ada baiknya pengunjung diizinkan menggunakan kamera milik sendiri untuk foto pada latar perlengkapan yang di sewa. Karena pada kondisi saat ini pengunjung tidak bisa menggunakan latar perlengkapan foto underwater berfoto jika menggunakan kamera sendiri, harus dari pihak penyedia. Dengan kata lain paket perlengkapan foto dan kamera underwater jadi sepaket.


About author

borukaro

Anak Pulau Samosir yang terdampar di Ibukota Negara. NM dari DEL. Anggap saja anak IT abal-abal yang suka nulis. Paling suka jalan dan makan, nonton, tidur dan koleksi film

Hanbingo Korean Food di Jogja

Icip-icip Makanan Korea di Hanbingo Desert Cafe Jogja

Ngomongin tentang Korea, aku cuma teringat akan fi...

Read more
Merapi Park Jogja

Merapi Park Jogja, Objek Wisata Hits Landmark Dunia

Hari ini matahari sedikit malu-malu untuk memperli...

Read more
Cafe Brick

Cafe Brick Jogja, Cafe Instagenic Nuansa British di Jogja

Masih perjalanan Desember 2017 kemarin di Jogja, a...

Read more

There are 2 comments

  • Zanna says:

    foto yang pertama, ikannya kayak bilang “kiss” hahaha

  • Leave a Reply