DAILY LIFE DIY GARDENING MRMRSTAMPUBOLON
Ide Kreatif Rak Bunga Kayu Minimalis, Cuma modal 200rb aja???
, , , ,

Masih dengan #weekendproject minggu lalu, aku akan berbagi ide kreatif rak bunga kayu minimalis dari palet. Bisa kamu jadikan inspirasi untuk membuat rak bunga minimalis bertingkat. Rak bunga kayu murah modalnya cuma 200 ribu aja. Ngga percaya? Mari kita bahas yah. Jadi aku udh mulai nanam bunga sejak setahun lalu. Sebelumnya aku nanam sayuran selama setahun full. Kemudian tanahnya aku istrahatkan dan mengganti semuanya jadi bunga. Tapi sampai sejauh ini hampir semua tanaman yang aku tanam bukan tanaman berbunga (kecuali anggrek). Karna aku lebih suka yang ijo-ijo.

Selama setahun udh banyak bunga yang aku repotting dan anak-anak yang cilik udh aku pindah ke pot baru. Tentu alasannya untuk mengurangi biaya supaya ngga berulang-ulang beli bunga. Bisa-bisa bangkrut lah mamak. Sampai sekarang pun masih belum berhenti beli beberapa jenis tanaman (hahahaha). Bikin nagih. Nah karna udah sering aku kembangbiakkan jadilah depan rumah kami rame sama tanaman. Belum kek hutan sih. Aku rasa belum rame, tapi kata bang sabar yang nyiram, udh kek harangan (hutan belantara).

Bunga borukaro

Kemudian aku mencari-cari rak bunga di toko online dan harganya bisa dibilang lumayan mahal. Padahal kapasitas per rak itu cuma 5-8 pot. Harganya kisaran 350-750rb/rak. Kalau aku hitung-hitung aku butuh minimal 8 rak x350rb(harga minimal)=2,8jt. Langsung pusing lah kepala mamak.

Aku cari ide bikin rak bunga. Biasanya kalau rak besi lebih tahan lama namun harga mahal. Juga sangat rentan berkarat jika sering disiram. Aku udh punya rak besi dan bekas karatnya nempel di lantai dan berbekas. Mungkin kalau diletakin di tanah tidak akan kelihatan, tp krn aku letakin di lantai jadi ada noda karatnya.

Ideku muncul saat mandang-mandangin rak dinding di rumah. Kami bikin beberapa rak dinding untuk hiasan, buku atau naruh barang-barang. Jadi ngga semuanya letakin di lantai. Terus langsung eksekusi bikin untuk rak bunga.

Apa aja yang dibutuhkan? 

  1. Papan kayu ukuran 100x8x1,8cm. Aku beli 12 pcs. Total 96rb. Aku pakai papan palet kayu karna di daerah sini ngga ada jual papan mulus. Memang agak ngga mulus, tapi masih recommended utk rak bunga. Aku cek di Jakarta banyak papan mulus, bisa juga cek di toko bangunan. Di toko kayu depan perumahan ada, tapi malas keluar dan ribet bawanya. Jadi lebih simpel beli online antar langsung ke rumah dan ngga perlu potong-potong lagi.
  2. Siku Rak L atau daun bracket kayu aku pakai yang 8″x10″ . Aku beli 12 pcs. Total 72rb. Udah include paku beton 3pcs dan sekrup 3pcs ukuran 1″.

Include ongkir 20rb

Pengeluaran total = 96.000+72.000+20.000= 188.000

Jika bunga yang akan disusun di rak nantinya ringan atau kecil, siku rak L bisa diganti yang lebih kecil. Intinya disesuaikan dengan ukuran pot dan lebar papan. Ukuran kayu dan daun bracket yang aku pakai sesuai dengan kebutuhanku saat ini.

Ngga sampai 200rb?????

Include cat secukupnya. Kebetulan masih ada stok di rumah sisaan ngecat kamar.

Cara membuat rak bunga kayu

  • Karna lebar papan cuma 8cm, jadi satu rak aku bikin dua papan. Sengaja ngga dibikin penuh supaya air ngga tergenang di papan. Kemudian bor papan pada titik lubang daun bracket.
  • Sambung papan dan daun bracket dengan sekrup di kedua sisi sampai kedua kayu menempel kokoh di daun bracket. Bentuknya kira-kira begini. Pastikan posisi daun bracket sama dari kedua sisi. Kalau bang sabar bikin pake meteran jadi selalu pas ngukurnya.

Pasang daun bracket dengan kayu

  • Kemudian tentukan posisi dimana papan akan diletakkan. Pastikan tidak miring. Kemudian bor pada titik posisi yang diinginkan.

Pakai waterpass biar ngga miring.

  • Kemudian cat tembok sebelum papan dipasang. Ini boleh diskip kalau dirasa ngga perlu. Tujuannya cat diawal supaya nanti papan ngga kena cat lagi.

  • Susun rak kayu sesuai dengan titik yang sudah dibor sebelumnya. Paku dengan kayu beton. Untuk melubangi tembok kami tetap pakai bor. Kalau mau ditokok pakai palu juga bisa.

Bentuknya mirip dengan rak buku kan? Ini rak tersimpel dan menjadi project merapikan taman minggu lalu. Dengan budget murah namun membuat tanaman “sedikit” lebih rapi. Bunga-bunga siap disusun ke atas rak bunga. Sebelum ditata di rak bunga, kamu bisa pakai tatakan supaya kayu ngga cepat rusak atau kotor. Jadi papan tetap bersih. Biasanya beli online 3rb-10rb/pcs tergantung diameter pot. Nilai estetika harus tetap dijunjung tinggi. Blehhhh

Rak bunga kayu

Syngonium

Rak bunga kayu

Foto pagi, siang dan sore.

Rak bunga kayu

Rak bunga kayu @borukaro

Rak bunga kayu

matahari pagi

Rak bunga kayu

Rak bunga kayu

ide rak bunga kayu

Rak bunga kayu

matahari sore

Rak bunga kayu

ide rak bunga kayu

ide rak bunga kayu

Senja

Sebenarnya masih banyak tanaman yang di lantai. Nanti dipikirkan lagi letakin dimana. Semoga tukang eksekusi (baca : bang sabar) masih kuat ngerjainnya. Aku mikirin idenya aja. hahhahaha. Dengan budget yang aku sebutin tadi, aku puas dengan tampilan taman minimalis kami ini.

Baca juga : Cara Bercocok Tanam Dengan Memanfaatkan Lahan Sempit

Oh iya, karna banyaknya request yang nanya tentang tanam-tanam, aku akan bahas jenis tanaman yang wajib kamu rawat dan cara melakukannya di postingan selanjutnya. Di postingan ini sekalian aku tulis cara menyusun bunga-bunga di halaman kami sesuai request kalian.

Tanaman yang bisa di air, biasa aku buat di botol minuman. Aku kehabisan pot dan space, jadi aku bikin di botol. Hitung-hitung sekalian untuk water progation. Jadi kalau nanti mau dikembangbiakkan tinggal mengambil dari botol ini aja. Aku kumpulin botol-botol bekas, dan nyusun di meja. Kalau kamu cukup kreatif, botol-botol bisa kamu ikat dan gantung di tembok.

Sumber : Pinterest Wildflora

Beberapa tanaman anggrek aku bikin di pot dengan semi hidroponik. Dan sebagian lagi aku gantung di kayu. Kayu ini hasil tebang pohon jambu biji di depan komplek. Trus kami bawa ke rumah dan potong ranting-rantingnya. Biasanya akar anggrek akan melilit batang pohon dan makin menyatu dengan batang kayu. Dengan batang potong ini, mengurangi space yang lumayan banyak. Dan semua anggrek hutanku aku tempel disini, gratisan mah bungkusss (hahahaha). Kalau kamu butuh, ada juga dijual online batang kayu khusus untuk anggrek.

Masih banyak yang harus dibenahi karena masih berantakan. Namun udh sedikit lebih rapi dibanding sebelumnya. Yang kemarin pada request mau tour halaman depan kami, ini tampilan terbaru setelah nanam sayuran. Semoga bisa bermanfaat untuk kalian. Dan untuk rak bunga kayu, semoga bisa jadi rekomendasi bagi kalian yang lagi koleksi bunga atau baru mau nanam bunga.

Selain jadi rak bunga, kami juga bikin rak seperti ini untuk menaruh barang-barang yang masih memiliki kardus. Jadi semua tertata rapi dan ngga numpuk di lantai, tinggal disesuaikan saja ukuran daun bracket kayu dan papan yang dibutuhkan. Juga bisa untuk rak buku atau rak foto di ruang tamu. Kalau mau yang langsung pakai, di infor*a biasanya banyak.

Baca juga : Koleksi Tanaman Hias untuk Rumah Minimalis

Selamat menghirup oksigen yang banyak setiap hari, selamat menanti tunas-tunas baru. Selamat merawat dan yakinlah, nanam-nanam bikin nagih. Bukan sekedar beli banyak sebagai hiasan, tapi tentang kehidupan. Its about life, mengingatkanku akan satu hal, tumbuhan aja Tuhan pelihara apalagi aku dan kamu. Happy weekend.

✽ ✽ ✽ ✽ ✽

About author

borukaro

Anak Pulau Samosir yang terdampar di Ibukota Negara. NM dari DEL. Anggap saja anak IT abal-abal yang suka nulis. Paling suka jalan dan makan, nonton, tidur dan koleksi film

Babi Guling di Samosir (25)

Liburan di Samosir, Memanggang Babi Guling Bersama Keluarga

Salah satu hal yang bisa dilakukan saat berlibur d...

Read more
Koleksi Bunga (8)

Semua Gara-gara Corona!!!

Ada yang menyangka ngga kalau tahun ini kita semua...

Read more
2020

Menikmati Perayaan Wedding Anniversary di Rumah Aja

Semua orang pasti merasakan efek pandemi yang suda...

Read more

There are 2 comments

  • nyonyasepatu says:

    Banyaaaaak sekali tanamannya

  • Leave a Reply

    This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

    %d bloggers like this: