Destinasi Wisata Kalimantan
Keunikan Stingless Jellyfish di Pulau Kakaban
December 23, 2016
0
, , ,

Masih seputar perjalanan ke Derawan dengan @derawanfisheries . Spontan aku langsung didongengin salah seorang teman mengenai destinasi yang ingin dia kunjungi juga disana. Dengan semangat dia menjelaskan rasa penasarannya untuk menyentuh stingless  jellyfish di Pulau Kakaban salah satu keunikan indahnya bawah laut Indonesia. Aku langsung mulai melihat-lihat referensi bentuk dan keindahan ubur-ubur yang tidak menyengat ini. Dan membuatku makin penasaran mengingat selama ini setiap berenang ke laut, sebisa mungkin menghindar dari hewan lunak ini supaya tidak disengat.

Sengaja makan siang di tepi pantai Pulau Kakaban, dilanjutkan dengan menaiki tangga menuju ke pantai Jellyfish. Jadi bentuk Pulau Kakaban ini kira-kira seperti ini.

Peta Pulau Derawan
Sumber : wowadit[dot]wordpress[dot]com

Lokasi Berenang mencari Jellyfish Sumber : wowadit[dot]wordpress[dot]com

Berhenti di dermaga kecil dan menyandarkan kapal speedboat kecil di ujung dermaga dan langsung disambut dengan gapura selamat datang. Perlahan-lahan aku angkat snorkel dan aku bawa kameraku menaiki tangga yang sudah disusun rapi di pulau ini. Kagumnya melihat jalan yang sudah dibuat rapi, membantu para pengunjung untuk menuju lokasi tepi laut tempat ubur-ubur tanpa harus melewati semak-semak.

Photo taken by mba @dyah_pamela di Dermaga Pulau Kakaban

View dermaga dari pantai tepi Pulau Kakaban

Seperti memasuki area hutan dalam satu pulau kemudian disambut dengan tepi pantai yang indah sekali. Bang Apoy yang membawa kami ke lokasi langsung memberikan instruksi untuk berenang di pulau ubur-ubur. Dilarang menggunakan sunblock dan fin supaya tidak menganggu ekosistem laut khususnya mengganggu habitat si ubur-ubur.

Tanpa takut gosong, kupakai snorkelku dan kumainkan kameraku terjun ke dalam air. Cari ubur-ubur belum muncul seekorpun. Sontak salah satu dari tim berteriak melihat seekor ubur-ubur, kami kejar dan sambil sibuk berenang kesana-kemari aku abadikan foto ubur-ubur lucu ini. Ingin aku toel-toel, tapi walaupun tidak menyengat ada baiknya jangan disentuh ya. Apalagi sampai diangkat ke darat karena bisa membuat ubur-ubur hancur dan mati.

Di dalam air saja ubur-uburnya cantik sekali, dengan warna sedikit kuning ke orange dan warna yang transparan mengikuti warna dasar laut. Mungkin tidak sebanyak seperti yang di foto-foto biasanya, tapi ubur-uburnya memang banyak sekali berada di dasar batu-batu karang kecil di dasar laut. Mereka berkumpul disana dengan santainya seakan sedang beristirahat siang bolong. Aku harus menyelam ke bawah dan membuat gelombang dalam air supaya mereka mau berenang ke atas.

Berselfie sama jellyfish

Jellyfish ada yang berenang ke atas dan ada yang ke samping

Jellyfish yang berenang terbalik

Stingless Jellyfish

Stingless Jellyfish

Jellyfish yang berenang terbalik diagnggu ikan-ikan kecil

Jellyfish mulai berenang ke dasar pantai

Keunikan bentuk Jellyfish Pulau Kakaban, Indonesia

A video posted by Ennitan Karokaro (@borukaro) on

Lucunya, ada beberapa ubur-ubur yang berenang terbalik untuk dapat sampai ke dasar batu karang-karang kecil dan sering sekali ubur-uburnya diganggu oleh ikan-ikan kecil yang mengikutinya. Pastikan kamu datang ke lokasi ini untuk melihat indahnya bawah laut Pulau Kakaban. Selain stingless jellyfish, kamu bisa berenang di palung laut dekat dermaga dengan keindahan laut yang luar biasa dan air yang masih sangat jernih dan biru. Dari semua lokasi tempat persinggahan trip ke Derawan, berenang  di Pulau Kakaban yang paling bagus menurutku. 🙂

Tips

  1. Jangan menggunakan fin selama berenang di area stingless jellyfish karena dapat merusak dan menghancurkan ubur-ubur.
  2. Jangan mengganggu ubur-ubur dengan sengaja termasuk mengangkat ke udara karena bisa membuat ubur-ubur mati dan hancur.
  3. Jangan membuang sampah sembarangan
  4. Pastikan membawa kamera yang lengkap dengan batre supaya kami bisa mengabadikan setiap moment disana.

Ada yang dalam waktu dekat ingin ke derawan lagi? Yuk..join me. Kita nginap di Derawan Fisheries


About author

borukaro

Anak Pulau Samosir yang terdampar di Ibukota Negara. NM dari DEL. Anggap saja anak IT abal-abal yang suka nulis. Paling suka jalan dan makan, nonton, tidur dan koleksi film

Pulau Kelapa Lampung

Explore Pulau Kelapa Lampung dan Muncak Teropong Laut

Day 4 Hari ke empat aka...

Read more
Teluk Kiluan

Explore Laguna Gayau Teluk Kiluan

Day 3 Ini cerita perjal...

Read more
Tanjung Putus

Explore Pahawang dan Tanjung Putus

Day 2 Setelah menulis...

Read more

There is no comment

Leave a Reply