Kalimantan Kuliner
Menikmati Makanan “Rasa Indonesia” di Pulau Derawan
May 26, 2016
5
, , , , , ,

Di acara #meetandtrip05 aku selalu memperhatikan makanan yang disajikan. Ntah mengapa aku selalu suka masakan Indonesia apalagi masakan Batak. Dibanding negara luar sungguh tidak sesuai di lidah. Bahkan aku pernah ditertawai teman sekantor saat dia holiday ke Luar Negeri dan titipanku hanya satu “MAKANAN APA SAJA YANG PENTING RASA LIDAH BATAK”, kemudian dia nyuruh aku pulang kampung aja. 😀

Sebelum sampai ke Derawan aku sudah mencari sedikit referensi mengenai makanan khas suku Bajau penduduk yang mendominasi Pulau Derawan. Diantaranya Tehe-tehe, Kima, Balelo dan Elai. Sayangnya aku hanya bisa menikmati Tehe-tehe dan Kima. Elai tidak ada karena Elai berbuah musiman dan aku kurang beruntung kali ini.

Semua makanan ini disediakan oleh @derawanfisheries and really, semuanya aku suka dan cocok dengan lidah Indonesiaku. Pertama sekali terima kasih untuk Mbak yang sudah menghidangkan semua makanan selama 4 hari di Derawan Fisheries, tanpa kekurangan apapun aku dan teman-teman #meetandtrip05 bisa memiliki energi untuk menghabiskan hari di Pulau Derawan.

Hari Pertama

#MeetandTrip05

Menu Makan Malam Hari Ke 1

Makan malam hari pertama disuguhi Kima, ikan goreng dan lobster. Kima diiris tipis-tipis kecil, sedikit kenyal namun enak digigit rasanya seperti kerang tumis biasanya, namun agak sedikit padat dan tidak terlalu sulit digigit. Untuk pertama kalinya, soal rasa patut kamu coba. Lobster di Pulau Derawan terkenal dengan ukurannya yang sangat besar loh. Dan lobster ini langsung dari pemilik Derawan Fisheries bang Harry. Singgah ke Derawan Fisheries untuk bisa menikmati lobster ukuran jumbo ini. Harga lobster ini sekitar Rp.250.000-300.000/per porsi untuk 2 orang. Bayangkan saja untuk ukuran kepala lobsternya saja hampir 1 piring.

 

Sebagai penutup makan malam diberikan Tehe-tehe, salah satu makan khas Pulau Derawan. Pembungkusnya dibuat dari cangkang Landak Laut yang diisi dengan beras ketan. Rasanya mirip ketupat tapi lebih padat mungkin karena cangkang Landak Laut lebih kokoh.

Tehe-tehe

Tehe-tehe, Makanan Khas Pulau Derawan

Hari Kedua

#MeetandTrip05

Menu Makan Pagi Hari Ke 2

 

Hari kedua kami menikmati nasi goreng namun tidak pakai kecap dengan warna kecoklat-coklatan, dicampur dengan irisan kecil seperti sosis. Jika dicoba rasanya seperti nasi uduk dan sedikit wangi. Dinikmati dengan irisan telur dadar goreng. Disediakan juga roti tawar bagi yang ingin sarapan roti dan teh/kopi hangat. Tapi karena ini hari yang panjang ada baiknya makan banyak, apalagi main di air bawaannya lapar. 😀

#MeetandTrip05

Nasi Goreng + Telus dan Roti Tawar

 

Menu makan siang hari kedua langsung dibawa ke kapal karena aktivitas kami adalah jelajah pulau. Nasi putih, kerupuk, ayam goreng, capcai dan sambal pedas menambah selera makan.

#MeetandTrip05

Makan Siang Hari Ke 2

 

Makan malam hari kedua kami menikmati bakwan goreng, sayur kangkung, ikan goreng dan sambal yang menggigit.

#MeetandTrip05

Makan Malam Hari Ke 2

 

Aku suka semua sambal yang dimasak di Derawan Fisheries ini karena aku suka pedas.

Hari Ketiga

Sarapan pagi untuk hari ketiga menikmati ayam kecap, tahu goreng, sayur tumis yang diiris kecil-kecil.

#MeetandTrip05

Menu Makanan Pagi Hari Ke 3

#MeetandTrip05

Sarapan Pagi Hari Ke 3

 

Namanya orang Indonesia, suka tahu, saya sih YES dan sayuran, saya sih YES. Tanpa dicampur dengan apapun, tahu goreng saja sudah enak. 😀

 

Makan makan secara sengaja aku dan Kak Vira, Kak Hanny, Kak Agnes dan bang Dee mesan Indomie sambil minum air kelapa, mantap rasanya manis sekali!!!! Baru main air langsung lapar. Sambil menjelajahi Pulau Derawan kami putuskan menikmati makanan ini.

#MeetandTrip05

Makan Malam Hari Ke 3

Hari Keempat

Its last day, masih pengen makan banyak, bs bungkus tidak? 🙂 hahahaha
Kami menikmati nasi kuning, telur mata sapi dan donut. Setiap saat pihak Derawan Fisheries menyediakan air hangat, gula, teh dan kopi yang bisa kita seduh sendiri jadi tidak perlu takut kekurangan air minum.

Aku suka semua menunya dan yang paling aku suka adalah Kima dan nasi goreng menu makan pagi hari kedua karena rasanya nikmat dan wangi nasi sangat tercium. Terima kasih karena aku bisa menikmati makanan enak tiap harinya dengan rasa Indonesia sebagai orang Indonesia. Next time, pengen mencoba semuanya lagi.


About author

borukaro

Anak Pulau Samosir yang terdampar di Ibukota Negara. NM dari DEL. Anggap saja anak IT abal-abal yang suka nulis. Paling suka jalan dan makan, nonton, tidur dan koleksi film

Hanbingo Korean Food di Jogja

Icip-icip Makanan Korea di Hanbingo Desert Cafe Jogja

Ngomongin tentang Korea, aku cuma teringat akan fi...

Read more
Cafe Brick

Cafe Brick Jogja, Cafe Instagenic Nuansa British di Jogja

Masih perjalanan Desember 2017 kemarin di Jogja, a...

Read more
Babi Guling

Makanan Tak Halal di Jogja, Singgah ke Warung Bu Komang

Ke suatu tempat ngga afdol kalau ngga mencari maka...

Read more

There are 5 comments

  • […] detailnya bisa baca ulasan lengkap Enni khusus soal makanan selama di Derawan fisheries. klik di sini […]

  • Aqied says:

    Suh postingan makanannya lengkaps banget. Aku jd gagal move on pengen lobster lagiiiii

  • Evi says:

    Saya tidak mengumpulkan foto-foto makanan selama di sini. Melihat kompilasi foto makanan posting Mbak Eni ini, baru sadar bahwa makanan kita ternyata mewah juga ya. Sip sekali lagi bikin kangen Derawan

  • Leave a Reply