HOMEBAKING HOMECOOKING
Resep Kue Ketawa yang Mekar Sempurna dan Renyah.
June 4, 2020
1
, , , ,

Belum kehabisan ide kan selama #dirumahaja? Memasak salah satu hal yang paling menyenangkan memang selain tidur *eh. Jadi karna masa pandemi ini, aku harus nyari ide mau masak apa, karna agak takut beli dari luar dan memang ngga bisa keluar rumah juga. Biasanya aku beli camilan kue ketawa online bahkan pernah aku pesan dari kampung. Jadi ceritanya bulan lalu aku beli kue ketawa dan ngga renyah lagi sampe di rumah. Bang sabar sih masih makan, katanya suka yang begitu, kalau aku suka yang renyah. Jadinya aku bikin sendiri. Karna sebelumnya pernah gagal sekali, kali ini harus berhati-hati.

Kalau disini kue ketawa biasanya disebut onde-onde mekar, kalau di kampung kami Samosir sana ini disebut kue ketawa. Ada yang besar dan ada yang mini. Resepnya sama, cuma pas membentuknya aja dibedakan ukurannya. Aku yakin ini salah satu camilan kesukaan sejuta umat. Resepnya simpel, dan bisa dibilang ini makanan murah, bahannya juga ngga macem-macem. Rasanya sedikit manis dan lumayan tahan lama. Tapi kalau di rumah kami ngga mungkin tahan lama, pasti beberapa hari udah ludes. Sambil kerja, buka tupperware isi makanan ini, tiba-tiba ngga sadar udah habis aja. ๐Ÿ˜€ ๐Ÿ˜€

Untuk resep yang aku buat ini hasilnya setupperware besar ukuran 2 liter. Karena ukuran kue ketawa mengembang 2x. Kalau mau nyoba dan dirasa ini kebanyakan, bahan bisa dibagi dua.

Bahan-bahan membuat kue ketawa

  • 250 gr tepung terigu pro rendah (kunci biru)
  • 2 sdm tepung maizena
  • 90 gr gula pasir disarankan gula halus (jika suka manis boleh ditambah)
  • 70 gr margarin dicairkan
  • 1 butir telur
  • 1/2 sdt baking powder
  • 1/2 sdt soda kue
  • 1/2 sdt vanilli
  • wijen secukupnya

Cara membuat onde-onde ketawa mekar

  • Mixer atau kocok telur dan gula dengan kecepatan kecil sampai tercampur saja. Jika menggunakan gula kasar mixer sampai gula larut.
  • Kemudian masukkan margarin atau mentega yang sudah dilelehkan.
  • Masukkan tepung maizena, tepung terigu, baking powder, soda kue, vanilli.
  • Uleni sampai biasa dibentuk bulatan (nomor3). Kira-kira teksturnya seperti nomor 3.
  • Bentuk bulatan sesuai yang kamu mau. Untuk resep yang aku pakai ini, saat digoreng adonan mengembang 2x, jadi jangan buat terlalu besar.

Kue ketawa

  • Kemudian cuci wijen dengan air bersih kemudian saring. Aku sarankan wijennya dicuci takutnya kotor. Tapi kalau kamu yakin wijennya bersih, boleh skip. Nah karna aku nyuci wijennya, langsung aja wijennya ditabur di wadah. Kemudian bulatan adonan diletakkan di atasnya. Kemudian dibaluri dengan wijen. Kalau wijen ngga dicuci, adonan bisa dicelup air dulu kemudian dibalur dengan wijen. Dicelup air tujuannya supaya wijen langsung lengket di adonan.

balur dengan wijen

  • Kemudian gunting bagian atas adonan bentuk silang. Kita buat gini biar mekarnya sesuai yang kita mau. Tanpa digunting juga ngga apa-apa, jadi nanti mekarnya dimana-mana. Aku buat beberapa pola. Ada yang polos dan ada yang digunting.

gunting bentuk silang

  • Panaskan minyak goreng dengan suhu sedang menuju ke rendah. Tujuannya supaya adonan kue ketawa ngga cepat gosong dan renyah sampai ke bagian dalam. Menggorengnya memang jadi agak lama, tapi renyah dan warnanya juga bagus.
  • Goreng sampai warna kuning keemasan. Kemudian tiriskan. Baru diangkat biasanya onde-onde ketawa agak lembek jadi tunggu sampai benar-benar dingin sebelum dimasukkan ke kotak kue. Makin dingin, kue ketawa akan makin renyah.

Ini onde-onde yang aku buat dengan menggunting silang. Mekar berpola dan ngga terbelah sembarangan. Ngikutin pola yang aku mau.

Baca juga : Resep Donat Kentang Empuk

kue ketawa

Tunggu sampai dingin bbaru disimpan.

mekar dengan digunting

Kalau yang di bawah ini kue ketawa yang bulat polos. Mekar sempurna. Ini persis yang dijual di kampung kami. Aku buat dua ukuran ada yang besar dan kecil. Yang kecil sangat renyah dan pas dengan seleraku. Kalau bang sabar suka yang agak empuk di dalam. Jadi disesuaikan dengan selera aja.

Kue ketawa bulat mekar

kue ketawa

onde-onde ketawa

Kue ketawa / onde-onde ketawa

Selamat mencoba kue ketawa atau onde-onde ketawa mekar ala borukaro . Ide camilan buat keluarga atau untuk diri sendiripun boleh. ๐Ÿ˜€

Dengan bahan segitu, dapatnya udah banyak. ๐Ÿ˜‰

Note :

Biasanya kan ukuran telur berbeda-beda. Kalau dirasa telur agak besar dan membuat adonan jadi sedikit lembek, bisa ditambah dengan tepung terigu beberapa sendok sampai bisa dibentuk bulat ya.


About author

borukaro

Anak Pulau Samosir yang terdampar di Ibukota Negara. NM dari DEL. Anggap saja anak IT abal-abal yang suka nulis. Paling suka jalan dan makan, nonton, tidur dan koleksi film

Roti Kelapa

Resep dan Cara Membuat Roti Kelapa, Roti Manis dari Siantar

Roti kelapa, roti manis isi kelapa begitu orang me...

Read more
Tanggo-tanggo

Resep dan Cara Memasak Tanggo-tanggo Khas Batak

Selalu ada ide untuk memasak makanan dengan bahan ...

Read more
Chocochip Cookies (1)

Resep Kue Kering Coklat Chip Cookies Renyah

Siapa yang ngga suka makan go*dtime? Salah satu ku...

Read more

There is 1 comment

  • […] Baca juga : Resepย Kue Ketawa Mekar dan Renyah […]

  • Leave a Reply

    This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

    %d bloggers like this: