DAILY LIFE HOMEBAKING MEDAN
Resep dan Cara Membuat Roti Kelapa, Roti Manis dari Siantar
July 3, 2020
0
, , ,

Roti kelapa, roti manis isi kelapa begitu orang mengenalnya. Salah satu toko roti besar di Kota Siantar memproduksi roti ini. Bukan hanya ini yang mereka produksi banyak roti lainnya, namun roti ini memiliki cerita tersendiri buatku. Aku tinggal di Pulau Samosir dan tentu sangat jauh untuk bisa menikmati roti ini, harus keluar pulau. Seiring berkembangnya zaman, akhirnya ada pedagang dari Siantar yang datang ke tempatku. Kami panggil boru jait pedagangnya. Selain menjual ikan dan sayuran, boru jait juga membawa aneka roti dan kue. Dan tentu saja salah satu yang dibawa adalah roti kelapa atau roti kalapa kami menyebutnya. Jam 9.30 teng orang-orang udah nunggu boru jait ini di kantor pos Ambarita. Ingatan ini pasti membekas diingatan anak-anak seumuranku.

Menikmati roti manis biasa, hal kecil yang kuanggap luar biasa ketika itu. Senang bukan main kalau mamak beli roti ini. Sebungkus ada isi 5-10 biji. Apalagi di tempatku belum ada bakery2an. Makan roti dan kue aja jarang kecuali tahun baru (hahahahaha) .

Jadi ceritanya aku masih punya sisaan kelapa parut dikulkas, aku kepikiran untuk bikin roti ini. Resep dan cara membuat roti kelapa jadul khas siantar ini terbilang mudah. Sama seperti membuat roti lain nya, hanya beda isian saja.

Bahan-bahan roti kelapa siantar

Bahan roti

250 gr tepung terigu
1 sdt ragi instan
45 gr gula pasir
100 ml susu cair
1 butir kuning telur
30 gr margarin
sejumput garam

Bahan isi

1/2 butir kelapa parut bagian putihnya saja
60 gr gula pasir
1/2 sdt garam
1/2 sdt vanili bubuk (optional)

Bahan olesan roti

Mentega dan madu atau bisa juga diganti dengan kuning telur.

Cara membuat roti manis isi kelapa

  1. Pertama sekali masukkan 1sdm ragi ke dalam susu cair hangat. Tunggu 5-10 menit sampai berbuih untuk memastikan ragi aktif atau tidak. Namun jika kamu yakin ragi aktif, ragi bisa langsung digunakan.
  2. Campur semua bahan adonan roti kecuali mentega dan garam. Masukkan susu cair dengan perlahan supaya tidak terlalu encer. Aduk sampai rata.
  3. Kemudian terakhir masukkan mentega dan sejumput garam. Aduk sampai merata. Tidak perlu diuleni karna biasanya adonan masih agak lengket. Kemudian tutup dengan serbet diamkan sekitar 1-2 jam atau tunggu sampai mengembang 2 kali lipat.
  4. Sambil kukus bahan isian. Sekitar 10-15 menit.
  5. Taburi meja kerja dengan sedikit tepung begitupun dengan tangan. Ambil adonan yang sudah mengembang td kemudian kempeskan. Uleni adonan dengan metode melipat supaya serat roti menjadi lebih bagus.
  6. Kemudian potong adonan menjadi 8 bagian. Adonanku menjadi 8 roti. Disesuaikan saja dengan ukuran yang diinginkan.
  7. Bentuk adonan roti tadi menjadi bulatan kecil kemudian pipihkan.
  8. Isi dengan isian kelapa. Kemudian bungkus kelapa dengan adonan roti, cubit-cubit supaya tidak ada yang bocor.

    Cara membuat roti kelapa siantar

  9. Olesi loyang dengan mentega atau alasi dengan baking paper. Taruh adonan diatas loyang, kasih sedikit jarak karena nanti akan mengembang lagi.
  10. Kemudian diamkan lagi sampai adonan mengembang hampir 2x lipat 915-20 menit). Jangan lupa tutup dengan serbet.
  11. Jika sudah mengembang, siap dipanggang 170 °C panas atas bawah selama 15 menit sampai atasnya sedikit berwarna kecoklatan. Kemudian angkat.
  12. Langsung olesi dengan mentega dan madu yang sudah dicampur sebelumnya. Atau bisa juga diganti dengan kuning telur. Lakukan saat masih panas-panas yah.

    Langsung olesi dengan mentega+madu

Siap disajikan. Enak dinikmati saat masih panas-panas. Rotinya juga lembut. Pertama kalinya aku berhasil bikin roti lembut dengan resep diatas. Biasanya kek batu (hahahaha). 8 roti untuk kami berdua, dua kali makan langsung abis. Kalau mau coba, kamu bisa tambah porsinya. Kalau ngga punya loyang datar, pakai loyang bolu juga bisa biar jadi roti sobek isi kelapa.

Baca juga : Resep Kue Ketawa Mekar dan Renyah

Oh iya ada juga yang tanya, dipanggang berapa lama. Setiap oven kan beda-beda, jadi dikenali dulu oven masing-masing. Atau untuk percobaan pertama bisa dipantau dulu. Aku juga pantengin terus sesuai warna. Selalu ada percobaan kesekian sekian sekian sampai mahir. Ngga ada kok orang yang langsung mahir segalanya. Kalau ada, berarti itu keberuntungan. 🙂

Roti kalapa cocok jadi ide sarapan keluarga. Ngadonnya subuh-subuh panggang pagi. Atau ngadon sore, panggang malam disantap paginya masih tahan karena kelapa sudah dikukus. Aku akan mencoba resep ini lagi tentunya. Kusuka….

roti kelapa

Roti kelapa siantar

roti kelapa

Roti kelapa jadul

roti kelapa siantar

Roti kalapa siantar by borukaro

roti kelapa siantar

Roti kelapa siantar

Ngga harus pulang kampung dulu untuk bisa menikmati ini. Bisa langsung dicoba, tetap jaga kesehatan dan #dirumahaja. Salam sehat untuk kita semua.

✽ ✽ ✽ ✽ ✽

About author

borukaro

Anak Pulau Samosir yang terdampar di Ibukota Negara. NM dari DEL. Anggap saja anak IT abal-abal yang suka nulis. Paling suka jalan dan makan, nonton, tidur dan koleksi film

adenium

Percantik Ruang Tamu Dengan Tanaman Hias Ini!

Tulisan ini aku rekomendasikan untuk teman-temanku...

Read more
Macrame (1)

Tetap Produktif di Masa Pandemi, Yuk kita Bikin Macrame Hiasan Dinding!

Sudah beberapa bulan menggemari seni ikat simpul m...

Read more
Mie Gomak Kuah B2

Resep Mie Gomak Kuah Daging B2

Mie gomak kuah sudah pasti sering kamu coba bukan?...

Read more

There is no comment

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: