DAILY LIFE GARDENING
Ini dia! 13 Koleksi Tanaman Hias untuk Rumah Minimalis
, , , , ,

Tulisan ini aku rekomendasikan untuk teman-temanku yang masih awam dalam memilih koleksi tanaman hias untuk rumah minimalis. Sama sepertiku yang masih dalam tahap belajar namun aku akan sedikit berbagi barangkali bisa bermanfaat juga untuk yang baca. Pertanyaan ini juga sering ditanyakan padaku, baiknya tanam apa aja untuk dekorasi rumah? Tanaman hias apa yang cocok untuk indoor? Baiknya koleksi tanaman hias apa yah?

Awal-awalnya aku mencoba menanam berbagai macam tanaman yang aku rasa cantik, kemudian belajar satu persatu bagaimana cara merawatnya. Namun ternyata aku mulai kewalahan sodaraaa….Untuk tipe orang yang suka koleksi (apapun), mungkin ini bisa jadi pertimbangan untukmu memilih tanaman hias yang wajib dikoleksi untuk mempercantik ruang tamu dan menjadikan rumah minimalis lebih menyegarkan.

Aku rasa kamu ngga harus tanam segala macam tanaman, kecuali kamu emang hobby nanam-nanam semua tanaman dan merawat semuanya. Apa yang aku takutkan? Nanti kamu beli cantik tau-tau makin lama malah makin jelek dan bahkan sampai mati. Sayang kan…apalagi kalau misal bunga yang kamu beli mahal. Pasti nyesal kalau akhirnya rusak atau mati.

Dan…dari pengalamanku yang suka beli bunga yang bervariasi, ada beberapa bunga yang udah kucoba rawat tetap aja ngga bertahan hidup. Seperti calathea tidak berhasil aku tanam. Mungkin ini sama kayak belajar peminatan saat sekolah, masing-masing pasti ada bakat di salah satu bidang kan. hihihihi. Jadi untuk kamu yang mau koleksi tanaman di rumah, ini penting untuk kamu perhatikan. Baiknya ngga usah nyoba banyak tanaman kalau ngga bisa rawat. Tapi kenali dulu tanaman yang mau kamu jaga.

Aku akan menulis list tanaman yang pengen aku koleksi di rumah. Udah lirik-lirik tapi belum punya semuanya. Mungkin ngga akan nyoba semuanya juga, tapi dari beberapa variasi tanaman ini, cocok untuk kamu jadiin koleksi. Bisa aja kamu pilih satu aja kemudian pilih dengan jenis berbeda. Sama kayak koleksi mainan, kalo kamu udh punya koleksi lengkap pasti akan ada rasa puas.

1. Tanaman hias Anggrek

Jenis tanaman satu ini pasti kesukaan ibu-ibu sejuta umat. Yang paling familiar dan sering aku dengar anggrek bulan, cattleya, dendrobium. Namun banyak lagi jenis lainnya apalagi anggrek hutan khas Indonesia dengan harga bervariasi. Menunggu tanaman ini dewasa dan berbunga cukup lama. Dari sekian banyak tanaman, anggrek salah satu jenis tanaman yang bisa bertahan lama dan selalu menghasilkan bunga jika dirawat dengan baik. Tidak seperti tanaman berbunga lainnya, bunga dari anggrek bisa kita nikmati lumayan lama sampai dia berguguran. Jika beli anggrek berbunga agak mahal, bisa coba dengan beli bayi anggrek atau anggrek remaja. Jadi kamu juga nanti bisa menikmati masa-masa menanti tumbuhnya spike anggrek. Untuk media tanam anggrek bisa menggunakan arang, bata, pakis cacah, sabuk kelapa atau potongan kayu. Kenali dulu masing-masing anggreknya yah.

anggrek

Sumber ig floryali_fidanligi

2. Tanaman hias Keladi hias

Jenis keladi hias juga sangat banyak di Indonesia. Bahkan banyak yang terabaikan dan dibuang dipinggir jalan. Tapi jangan salah, kalo dirawat dengan baik bisa jadi koleksi yang menarik loh. Motif tiap keladi juga bermacam-macam. Jika dilihat dengan detail, ada motif di tiap daunnya. Harga keladi hias akan mahal jika daun makin berwarna dan bercorak. Kalau di Indo yang paling sering aku lihat keladi wayang, keladi bintik merah, snow white dan masih banyak lagi. Aku udah punya keladi hias 3 jenis semoga nanti makin nambah. Untuk media tanam aku pakai sekam bakar, sekam mentah dan tanah subur komposisi 1:1:1. Tapi baiknya kamu cari referensi lain dulu yah dari pada pecinta calladium.

tanaman hias untuk rumah minimalis

Sumber ig plantsbybing

3. Kaktus dan Sukulen

Untuk kamu yang ngga punya space besar di rumah, jenis kaktus dan tanaman sukulen bisa jadi tanaman hias yang pas. Jenis tanaman ini juga banyak sekali. Secara ilmiah kamu akan bisa membedakan dari bentuk tamanan ini.

Sukulen merupakan istilah untuk tumbuhan yang mempunyai karakter menyerap dan menyimpan air pada batang utamanya. Secara fisik, sukulen memiliki kelopak seperti daun. Sementara itu, kaktus mengganti jaringan daun dalam bentuk duri. Jadi, semua kaktus adalah tanaman sukulen. Namun tak semua sukulen adalah kaktus. – inibaru.id

Perlahan-lahan jika melihat bentuknya pasti kamu akan tau perbedaan keduanya. Jenis tanaman ini termasuk yang bisa bertahan di tempat kering. Di Indo jenis sukulen sangat banyak dijual apalagi kalau lagi ke Bandung. Tidak butuh rumah yang luas, cukup letakkan di meja kerja juga bagus.

Baca juga : Tanaman Hias Mini di De’Ranch Lembang

tanaman hias rumah minimalis

Sumber ig cactusloveer_

tanaman hias untuk rumah minimalis

Sumber ig plantsofjoy

4. Calathea

Jenis tanaman ini juga banyak dan harganya cukup terjangkau. Banyak dijual di online shop. Tapi seperti yang aku bilang, salah satu tanaman yang selalu gagal aku tanam. Mungkin belum cocok atau media tanam yang aku pakai belum pas. Anehnya semua jenis calatheaku akan sedikit menguncup sore hari kemudian akan terbuka lagi setelah pagi. Yang paling familiar aku lihat di Indo jenis lipstik, leopardina, keris, dan masih banyak lagi.

koleksi tanaman hias

Sumber ig fullfoliage

5. Aglonema

Aglonema adalah salah satu jenis tanaman yang harganya gila-gilaan selama masa pandemi. Jenis aglo udah ada sejak dulu namun belakangan pamornya emang lagi naik. Harga aglonema pun bervariasi, untuk jenis yang biasa masih ada yang harga dibawah 50rb, namun jangan terkejut banyak aglonema yang harganya ratusan ribu sampai jutaan. Makin bagus warna dan coraknya, makin mahal harganya. Apalagi kalau aglonema import. Bisa nih kamu lirik-lirik.

koleksi tanaman hias

Sumber ig robiyansahaja

6. Sansevieria

Tanaman yang terkenal sebagai pembersih udara, salah satu tanaman yang mudah ditanam dan mudah untuk dikembangbiakkan. Di Indo yang paling terkenal itu jenis lidah mertua, centong, tombak, dan sansevieria mini. Banyak jenis-jenis lainnya dan ini wajib sih kamu koleksi menurutku. Jenis tanaman ini sangat cocok untuk indoor. Varian yang besar bisa diletakkan di sudur ruangan dan varian kecil bisa di meja. Perawatan juga tidak terlalu susah, hanya pastikan saja media tanam tidak sampai kering dan rajin repotting jika ingin rajin bertunas. Soal harga, tanaman ini termasuk tanaman yang terjangkau. Rata-rata harga masih dibawah 50rb.

tanaman hias untuk rumah minimalis

Sumber ig plantladygaby

7. Begonia

Tanaman satu ini memiliki motif cantik di daun. Mirip pohon namun ukuran kecil. Ada tipe yang panjang ke atas dan ada juga yang biasa dijadikan tanaman gantung karena menjuntai. Di Indo yang familiar jenis polkadot, mocca dan begonia tiger. Namun masih banyak varian lainnya dan pasti kamu akan sangat familiar jika melihat jenisnya. Beberapa begonia menghasilkan bunga yang kecil dimasa hidupnya dan menghadirkan corak-corak konsisten di tiap daunnya. Harga begonia juga lumayan terjangkau. Ngga butuh space besar, cukup jadikan rimbun saja di salah satu pot sampai benar-benar cantik.

koleksi tanaman hias

Sumber ig plantladygaby

8. Syngonium

Tanaman syngonium juga memiliki banyak jenis. Corak dan warna pada daun yang membedakannya. Tanaman syngonium bisa bertahan di media tanam air. Jenis yang ada di Indo cukup ramai seperti albo variegata, batik, dan pink. Kemampuan tanaman ini utk bertahan cukup diacungi jempol. Mengembangbiakkan syngonium juga cukup mudah, dengan satu batang tunas aja bisa tumbuh dengan baik yang penting rajin disiram. Semakin rimbun syngonium akan semakin cantik tidak pandang jenis. Rajin dipupuk dan disiram saja. Kebanyakan tanaman syngonium akan menjuntai namun kamu bisa bikin turus/ajir supaya memanjat. Tanaman syngonium yang dibiarkan memanjat biasanya memiliki daun yang lebih lebar. Harga syngonium terbilang masih sangat murah, kecuali variegata. Ya bukan rahasia umum lagi kalau tanaman variegata selalu mahal. Tapi jenis yang murah sekalipun, kalau dirawat dengan baik akan menjadi rimbun dan cantik. Cocok jadi tanaman hias dekorasi di rumah. Harga syngonium masih dibawah 50rb.

Sumber ig plantsbybing

tanaman hias untuk rumah minimalis

Syngoniumku

Menanti warna-warna syngonium variegata setiap hari adalah hal yang menyenangkan. Karna memiliki bentuk yang tak serupa. Tapi disetiap daun yang tak serupa, membuat syngonium ini jadi cantik.

9. Adenium

Tanaman adenium atau biasa disebut kamboja Jepang salah satu tanaman berbunga cantik. Media tanam aku pakai sekam bakar, sekam mentah dan pupuk kompos komposisi 1:1:1. Semakin rajin dipangkas adenium akan memiliki banyak cabang. Walaupun bunga adenium akan berbunga dalam waktu yang lama, tapi sekalinya berbunga akan banyak dan cantik. Tanaman yang ngga ribet dan bikin jatuh hati. Apalagi adenium termasuk bunga yang terjangkau. Harganya adenium kecil masih di bawah 30rb. Banyak variasi warna bunga dan boleh juga kamu lirik-lirik adenium bunga tumpuk sebagai pilihan. Dari adenium kamu akan belajar kalau gendut itu sexy (hahahaha).

Adenium

10. Anthuriums

Anthurium termasuk tanaman dari keluarga Araceae. Tanaman berdaun besar yang cocok untuk kamu pecinta tanaman ukuran besar. Yang paling populer di Indo seperti kuping gajah, jemani, anthurium corong, anthurium keris, hookeri dll. Harganya bervariasi kalau khas Indo keris ngga usah ditanya, harganya mahal bingitsss. Penyuka daun ijo dan besar wajib punya ini.

Sumber ig plantsbybing

11. Stephania

Banyak yang bilang ini tanaman kentang karna bentuk yang mirip kentang. Stephania salah satu tanaman yang ingin aku koleksi tapi harganya sangat mahal. Dari umbi yang seperti kentang akan lahir tangkai yang diisi dengan daun-daun kecil. Its cute. Ada beberpa jenis stephania yang populer seperti stephania erecta, nova dan suberosa. Di Indo sendiri paling populer jenis suberosa. Sejauh ini harga termurah yang pernah aku dapat mulai 100rb-an. Nunggu tumbuhnya harus sabar dan harus belajar ekstra belajar media tanam yang pas. Kalau kamu punya ini, kamu juara sih. Nanti mau dong dibagi (hehehehe).

Sumber ig donyaye.saculent.cactus

12. Bougenville

Bougenville atau yang lebih familiar biasa disebut bunga kertas akan selalu menarik perhatian dengan beragam warna bunga yang dihasilkan. Biasanya bunga kertas ada yang dibiarkan tumbuh sampai besar namun ada juga yang bikin bunga kertas jadi bonsai supaya tidak banyak makan tempat. Semakin sering dibentuk bonsai akan semakin sedikit daun yang muncul namun sekalinya berbunga batang yang sebelumnya terlihat kering akan dipenuhi bunga-bunga. Kalau kamu suka bereksperimen kamu bisa mencoba memadukan warna beberapa bunga kertas dalam satu pokok dengan metode sambung. Wajib kamu coba jika punya koleksi bunga kertas. Akan jadi hal yang menyenangkan ketika kamu bisa punya beberapa warna bunga kertas di dalam satu pohon.

tanaman hias untuk rumah minimalis

Sumber pinterest

Bunga kertas yang dulunya cuma sebesar tusuk sate, 5 bulan kemudian udh langsung berbunga lebat.

13. Philodendron

Aku sengaja bikin yang terakhir karena jenisnya lumayan banyak dan aku suka semua jenis philodendron. Dari semua jenis philodendron bisa kamu pilih jenis yang menarik untuk dikoleksi di rumah. Kebanyakan jenis philodendron memiliki akar angin ditiap ruas batang, tak heran jika tanaman ini bisa memanjat media tempatnya berada apalagi jika ada turus kayu atau ajir. Juga kebanyakan bisa bertahan diletakkan di media air. Metode untuk memperbanyak tanaman jenis philodendron juga sangat cocok dengan water propagation. Apa saja jenis pilodendron yang banyak di Indo?

  • Philodendron epipremnum aureum

    Dikenal sebagai sirih-sirihan. Kebanyakan digantung atau ada juga yang membuat memanjat dengan turus kayu/ajir. Jenis sirih gading pun cukup bervariasi. Aku punya 5 jenis diantaranya. Tanaman sirih-sirihan bisa juga bertahan di media air tanpa harus pakai tanah. Cara merawat dan memperbanyak juga mudah, bisa melalui water propagation atau langsung di media tanam.

Picture by @borukaro

  • Philodendron imperial red cardinal

    Sama seperti jenis aglonema, tanaman red cardinal pernah berjaya pada masanya dengan harga yang fantastis. Untuk pecinta tanaman hias besar wajib koleksi ini. Ukurannya bisa besar sekali. Aku punya jenis ini tapi yang hijau. Tanaman jenis ini tidak disarankan terkena matahari langsung yah, baiknya ditempat teduh.

Sumber pinterest.com

  • Philodendron selloum

    Juga sering dikenal dengan philodendron jari. Philodendron jenis ini bisa tumbuh sangat besar. Daunnya sering dijadikan dekorasi bunga hidup untuk keperluan foto. Di tanam langsung di tanah bisa tumbuh sangat besar dibandingkan di pot. Di komplek perumahan, jenis philo selloum bahkan bisa melebihi ukuran orang dewasa.

Sumber ig greenhousemanila

  • Philodendron moonlight

    Juga sering disebut philodendron lemon orange juice. Daun jenis philo yang berukuran lebar. Biasanya daun tanaman hias ini berwarna lemon kemudian perlahan-lahan berubah menjadi hijau. Banyak akar angin dimana-mana, bisa tumbuh mengikuti turus kayu/ajir. Tidak cocok terkena matahari langsung, daun bisa jadi gosong. Pastikan meletakkan ditempat teduh.

  • Philodendron scandens medio pictum

    Tanaman jenis philo ini memiliki corak yang selalu konsisten. Sangat mirip dengan sirih gading namun ukuran batang dan daun jauh lebih kecil dan tipis. Dulu dapat jenis ini dari bang Jogi. Sekarang udh ada beberapa pokok, cuma belum terlalu rimbun. Harus dijaga dan rawat lagi untuk bikin anakan. Sama seperti yang lain, philo jenis ini bisa bertahan di dalam media air.

koleksi tanaman hias

  • Philodendron monstera deliciosa

    Deliciosa menjadi tanaman hias kesukaanku karena suka dengan sobekan yang selalu muncul di daun baru. Jenis monstera deliciosa juga lumayan banyak. Monstera king juga masuk disini. Sekilas monstera raphidopora dan monstera borsigiana juga memiliki bentuk yang hampir sama dengan deliciosa, namun ternyata memiliki perbedaan. Untuk membedakannya, raphidopora memiliki sisi daun yang tidak simetris sementara deliciosa lebih simetris. Monstera deliciosa atau king memiliki harga yang lumayan mahal dibanding beberapa jenis tanaman yang aku sebutkan sebelumnya di atas. Untuk yang 2-3 daun saja bisa diatas 100rb. Kalau raphidopora dengan daun yang sama di bawah 100rb. Monstera king mulai dari 300rb. Namun itu belum seberapa dibanding jenis monstera deliciosa variegata yang harganya jutaan.

koleksi tanaman hias

  • Philodendron monstera obliqua dan adansonii

    Monstera obliqua dan adansonii. Sekilas kedua tanaman hias ini hampir sama. Namun memiliki perbedaan pada daun. Obliqua memiliki daun yang lebih tipis dan sobekan yang lebih banyak dan tipis-tipis. Sedangkan adansonii atau yang biasa disebut janda bolong di Indo, memiliki daun yang lebih mulus dan robekan yang lebih sedikit. Dibanding deliciosa, jenis philo ini lebih murah dan lebih diminati karena perawatan yang tidak terlalu sulit dan mudah dikembangbiakkan.

koleksi tanaman hias

  • Philodendron crocodile

    Janis tanaman hias crocodile memiliki berbagai warna dan jenis. Semakin unik warnanya akan semakin mahal. Ukuran tanaman ini juga bisa sangat besar seperti imperial red cardinal. Cocok untuk yang suka tanaman giant.

koleksi tanaman hias

Sumber ig kedai.kaktus

  • Philodendron gloriosum

    Jenis philo gloriosum memiliki daun yang selalu menarik hati, seperti lukisan. Daunnya muncul dari tanah seperti tunas, namun tak memiliki bantang hanya tangkai saja. Memiliki daun lebar dan cocok untuk dekorasi di rumah. Satu daun bisa bertahan cukup lama. Harga tanaman ini relatif menengah, biasa untuk ukuran kecil kisaran harga 75-150rb.

koleksi tanaman hias

Philodendron gloriosum

  • Philodendron burle marx/brekel

    Jenis philo ini pasti sering kamu lihat menjadi koleksi tanaman hias. Namun masih ada beberapa jenis lainnya seperti burle marx daun besar atau variegata. Untuk jenis hijau biasa, harganya lumayan murah dibawah 30rb. Namun jika variegata harganya jauh lebih mahal. Cara menanam philo jenis ini cukup gampang, dari ruang batang bisa tumbuh tunas-tunas baru. Dan ngga butuh perawatan khusus, bertahan hidup di air dan tanah. Jika diletakkan ditempat teduh daun akan makin lebar dan hijau.

koleksi tanaman hias

Sumber ig cubehousejungle

Gimana-gimana? Udah kepikiran mau koleksi apa?

Semoga tidak semakin bingung. Seperti yang aku jelasin sebelumnya, biasa tanaman akan makin mahal jika jenis variegata atau ukuran king/besar. Jadi jangan syok waktu lihat harga.

Kamu bisa pertimbangkan space di rumah untuk membeli tanaman kecil atau besar. Mau diletakkan indoor atau ourdoor. Pelajari masing-masing jenis tanamannya supaya betah tinggal di rumahmu. Ngga harus bunga mahal untuk dijadikan koleksi, yang murahpun bisa yang penting dirawat dengan baik. Kalau pengen tanaman mahal ngga usah dipaksakan beli disaat harga lagi tinggi-tingginya. Aku sedikit belajar menahan selera, belinya nanti aja kalau harga udah turun. (hehehehe)

Baca juga : Ide Kreatif Rak Bunga Kayu Minimalis, Cuma modal 200rb aja???

Aku suka semua bunga berdaun hijau, apalagi jika berdaun lebar. Namun tak bisa dipungkiri kalau akupun suka koleksi tanaman hias yang memiliki bunga. Tetapi bunga yang bisa bertahan lama. Bukan bunga harian yang langsung gugur. Juga batang yang kokoh yang bisa bertahan tahunan. Adakah yang seleranya sama denganku?

Dan sekarang aku sudah memutuskan untuk mengoleksi apa. Mengurangi beli ini itu, dan fokus mempelajari jenis yang aku koleksi saja.

Dari sekian banyak jenis tanaman yang aku sebutkan, mungkin ada salah-salah nama karena aku menuliskan sebagai orang awam tanpa tau tanaman dari ordo class family genus mana, jadi mohon-mohon maaf yah. Jika ada masukan bisa disampaikan melalui email.

About author

borukaro

Anak Pulau Samosir yang terdampar di Ibukota Negara. NM dari DEL. Anggap saja anak IT abal-abal yang suka nulis. Paling suka jalan dan makan, nonton, tidur dan koleksi film

Babi Guling di Samosir (25)

Liburan di Samosir, Memanggang Babi Guling Bersama Keluarga

Salah satu hal yang bisa dilakukan saat berlibur d...

Read more
Koleksi Bunga (8)

Semua Gara-gara Corona!!!

Ada yang menyangka ngga kalau tahun ini kita semua...

Read more
2020

Menikmati Perayaan Wedding Anniversary di Rumah Aja

Semua orang pasti merasakan efek pandemi yang suda...

Read more

There are 2 comments

  • Tjahjono K says:

    Selamat sore Borukaro.
    Saya Tjahjono K. tinggal di kota Sleman, Kab. Sleman, DIY, mengucapkan terima kasih atas postingan Ini dia! Tanaman Hias untuk Rumah Minimalis. Sangat bermanfaat, dan menjadi referensi bagi saya dalam mencnitai Tanaman Hias.
    Adakah postingan yang lain ? Terima kasih.

    Salam bahagia dari kota Sleman, DIY

  • Leave a Reply

    This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

    %d bloggers like this: