Resep Masakan
Cara Membuat Sarden Homemade Enak dan Sederhana
November 8, 2019
0
, , , ,

Aku akan berbagi resep cara membuat sarden homemade yang enak dan sederhana. Salah satu masakan rumahan ini memang paling nikmat. Bisa makan sepuasnya dan yang pasti hemat dan sehat. Itu yang paling penting untuk seorang istri. hihihi. Awalnya pengen beli di salah satu minimarket merk sarden kemasan kaleng. Cuma kami lumayan jarang beli makanan yang menggunakan bahan pengawet, jadilah aku putuskan coba dan masak sendiri.

Kupesan sekilo dari abang2 tukang sayur. Ikannya masih segar harganya sekitar 50rb-an sekilo. Awalnya aku pesan ikan sarden, ternyata yang sampai ikan makarel. Dan aku pun baru tau ternyata ikan ini berbeda. Kalo ikan sarden tampak luarnya mirip dengan ikan porapora. Dan saking penasarannya, aku cek kemasan ikan kaleng dan memang banyak juga pakai ikan makarel dan biasanya harganya sedikit lebih mahal.

Bahan-bahan membuat sarden homemade

-Ikan makarel 1kg
-Jeruk nipis 1 buah
-Bawang merah 5 siung diiris
-Bawang putih 4 siung diiris
-Gula 1/2 sdt
-Garam 1/2 sdt
-Air secukupnya sampai ikan terendam

Baca juga :Β Resep Pangsit Goreng Enak dan Renyah

Bumbu untuk saos

-Bawang merah 5 siung
-Bawang putih 4 siung
-Tomat 4 buah
-Cabai merah keriting 10 biji
-Jahe 2-3 cm
-Margarin 2 sdm
-Saos tomat (optional)
-Garam sesuai selera
-Air secukupnya

Cara memasak sarden rumahan yang enak

  • Cuci bersih ikan dan buang kepalanya. Lumuri dengan air jeruk nipis kemudian diamkan sekitar 15-30 menit.

Ikan makarel 1kg

  • Iris-iris bawang merah dan bawang butih (bukan bumbu saos). Kemudian masukkan ikan makarel ke dalam wadah. Aku memasak dengan cara dipresto, bisa juga direbus atau ditim. Masukkan irisan bawang, tambahkan gula dan garam sesuai resep. Tambahkan air putih sampai ikan terendam. Masak dengan api sedang sampai ikan berubah warna pucat putih. Biasanya jika dipresto akan lunak sampai ke tulang-tulang.

  • Kemudian tiriskan ikan. Karena aku ngga suka tulang ikan, aku bersihin lagi ikannya hanya dengan mengambil bagian dagingnya saja.
  • Cabe merah, bawang merah dan bawang putih untuk saos bisa diblend. Tetapi untuk resepku, aku hanya blend cabai dan jahe saja selebihnya aku iris-iris kecil.
  • Panaskan margarin dan tumis bumbu sampai wangi. Masukkan tomat yang sudah diiris kecil-kecil. Untuk yang suka pedas bisa mengganti cabe dengan cabe setan.
Sarden Homemade

Bumbu Sarden

  • Jika kamu ingin menambahkan saos tomat, bisa tambahkan 2-3 sendok makan. Tapi ini optional yah, hanya jika kamu ingin rasa yang sama persis dengan sarden kalengan. Jika semua bumbu sudah tercampur dan matang masukkan ikan lalu ratakan sausnya.

Cara memasak Sarden Rumahan

  • Tambahkan sedikit garam sesuai selera dan masak hingga bumbu meresap. Kemudian siap disajikan.
Sarden Homemade

Ikan Sarden Homemade by borukaro

Sarden Homemade

Ikan Sarden Homemade by borukaro

Ikan Sarden Homemade by borukaro

Sarden Homemade

Sarden Homemade

Ikan sarden homemade ini dijamin anti gagal, aku baru coba sekali dan langsung berhasil. Untuk porsi satu kilo bisa kami simpan di kulkas untuk makan seminggu. Cuma ngga mungkin juga ya kan dimakan tiap hari. πŸ˜€ πŸ˜€ πŸ˜€ Rasanya pun sama persis dengan sarden kaleng. Dan yang pasti tanpa pengawet dan penyedap rasa. Dan untuk resepku ini aku pakai cabe setan yah, jadi agak pedas supaya puas di lidah. Sudah punya rencana mau masak apa weekend ini? Coba ini deh. Happy cooking yah. πŸ™‚

⁘ ⁘ ⁘


About author

borukaro

Anak Pulau Samosir yang terdampar di Ibukota Negara. NM dari DEL. Anggap saja anak IT abal-abal yang suka nulis. Paling suka jalan dan makan, nonton, tidur dan koleksi film

nasi-goreng-hijau-borukaro (1)

Resep Nasi Goreng Ijo Dijamin Enak

Akan aku bagi resep nasi goreng ijo yang dijamin p...

Read more
Pisang Goreng Crispy

Cara Membuat Pisang Goreng Crispy Anti Gagal

Pisang goreng crispy kesukaanku dan suami...

Read more
Perkedel

Cara membuat Perkedel Kentang Ayam Sederhana

Perkedel adalah satu makanan yang digemari orang I...

Read more

There is no comment

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.