HOMEBAKING
Resep dan Cara Membuat Bolu Marmer Jadul, Dijamin Lembut dan Enak
May 1, 2020
0
, , , , ,

Resep dan cara membuat bolu marmer jadul akan segera aku share ke kalian untuk membayar hutang sharing resep yang udah aku janjikan. Niatan untuk baking meningkat selama lockdown. Mengapa? Selain karna takut pesan makan dari luar, juga untuk mengisi hari-hari yang sudah sebulan lebih #dirumahaja biar ngga bosan. Juga ngabisin semua bahan yang pernah dibeli.

Aku udah lumayan sering bikin bolu, ada yang bikin dari awal, ada juga pakai produk tinggal pakai. Untuk bahan yang tinggal pakai aku pakai merk pondan. Biasanya hanya menambah telur atau mentega aja. Dan tak jarang pula bolu buatanku bantat dan gagal. Namun seiring berjalannya waktu dengan kegagalan-kegagalan yang pernah ada, sedikit banyak aku belajar untuk ngga buang-buang bahan ke tong sampah karna makanan yang tak enak dimakan. Makin kesini udah makin berhasil semua kalau bolu. Istrinya pak tampubolon udh lulus makkk 🙂

Okey kembali ke resep bolu marmer, ini percobaan pertama dan aku bersyukur karna langsung berhasil. Sehari sebelumnya aku baca resep dari beberapa sumber dan siap implementasi.

Bahan-bahan bolu marmer jadul

Aku pakai loyang diameter 30cm

  • 9 kuning telur
  • 5 putih telur
  • 350 gr mentega atau butter
  • 250 gr gula halus
  • 200 gr tepung terigu protein sedang
  • 50 gr susu bubuk
  • 2-3 sdm coklat bubuk atau bisa juga pakai coklat batang dilelehkan (125gr)

Cara membuat bolu marmer

Resep bolu marmer jadul

Cara membuat bolu marmer

  • Pertama sekali kocok putih telur dengan kecepatan tinggi sekitar 5-10 menit sampai mengembang dan berwarna putih pucat.
  • Di loyang terpisah mixer mentega/butter dan gula halus. Gula halus bisa disaring terlebih dahulu menghindari jika ada gula yang menggumpal. Baiknya butter dan mentega di mix yah. Misal mentega 250gr dan butter 100gr atau sebaliknya. Mixer sekitar 10 menit dengan kecepatan tinggi sampai mengembang dan berubah warna menjadi kuning pucat (nomor3)
  • Kemudian masukkan kuning telur secara perlahan dengan mixer kecepatan rendah sampai adonan tercampur semua.
Cara membuat bolu marmer

Cara membuat bolu marmer

  • Nomor5 hasil butter dicampur dengan kuning telur.
  • Selanjutnya saring tepung dan susu bubuk terlebih dahulu untuk menghindari jika ada yang menggumpal. Masukkan tepung ke dalam adonan setahap demi setahap. Pada bagian ini tidak usah pakai mixer, aku pakai spatula aja ngaduknya. Dilakukan secara perlahan supaya adonan tetap mengembang. Bisa dilakukan 3-4 tahap ya.
  • Nomor7 ini tahap yang paling penting, masukkan putih telur ke dalam adonan yang sudah selesai dimix. Lakukan bertahap sampai semua adonan putih telur habis. Aduk dengan spatula. Dan jangan masukkan sekaligus. Masukkan perlahan dan pastikan air yang ada dibagian bawah putih telur tidak masuk ke adonan. Air ini yang biasa membuat adonan jadi bantat dan berbau amis. Lakukan sampai semua putih telur habis dan tercampur rata dengan adonan.
  • Sampai ditahap ini, loyang sudah bisa dioles mentega dan ditaburi tepung supaya nanti bolu tidak lengket ke loyang. Dan oven sudah bisa dipanaskan sekitar 10 menit dengan suhu 180°C. Aku pakai oven listrik.
Bolu marmer anti gagal

Cara membuat bolu marmer

  • Nomor9 hasil setelah dicampur dengan putih telur.
  • Kemudian ambil sepertiga adonan ke dalam wadah kecil dan campur dengan coklat bubuk atau coklat batang. Aku pakai coklat batang 1/2 bagian Dark Compound 250gr yang sudah aku lelehkan terlebih dahulu. Aku sengaja pilih coklat batang karna coklatnya lebih berasa. Melelehkannya tidak perlu dicampur air atau mentega yah. Kalau punya pasta coklat bisa ditambah sedikit.
  • Nomor12 masukkan adonan kuning sebagai dasar, selingi dengan sepertiga adonan coklat. Lakukan sampai beberapa lapis. Untuk membentuk pola, ambil garpu dan aduk adonan dari atas ke bawah searah jarum jam sampai melingkar keseluruhan. Lakukan dua putaran saja.

Bolu Marmer

  • Masukkan ke dalam oven dan kemudian dipanggang kurang lebih 50 menit dengan suhu 180°C. Ini untuk oven listrik aku yah. Kita harus ngenalin oven masing-masing. Beberapa referensi yang aku baca untuk oven biasa ada yang sampai 1.5 jam. Tergantung tingkat kematangan. Untuk mengetahui sudah matang atau tidak bisa kita tusuk dengan lidi atau tusuk gigi. Inilah penampakan bolu marmerku. Mengembang dengan baik walaupun tanpa pengembang.

Baca juga : Resep Migomak Goreng Bumbu Kacang

Bolu marmer Jadul anti gagal

 

Benar-benar moist dan lembut. Pola coklat di dalam pun cantik. Rasa coklatnya berasa sekali dan ngga bikin eneg. Dan suamiku suka. Aku bagi sama tetangga dan mereka juga suka. Ludesssssss….des…des… 😀 😀 😀 😀

Bolu Marmer Anti Gagal

Homemade by borukaro

Bolu Marmer Jadul

Bolu Marmer Jadul anti gagal ala borukaro

Info seputar aktivitas sehari-hari aku untuk masak-memasak bisa cek di instagram borukaro yah. Kalau resep pasti aku bagi di blog ini.

Penting 

  • Setiap bikin bolu, ntah karna apa setiap putih telur dan kuning aku mixer berbarengan boluku selalu bantat, jadi aku putuskan selalu mix terpisah.
  • Pastikan air dari sisaan ngemixer putih telur ngga masuk ke adonan. Supaya tidak bau dan bantat.
  • Tanpa bahan pengembang, namun jika ingin pengembang bisa tambah sedikit baking powder
  • Tanpa pasta, namun jika suka bisa pakai vanilli atau pasta coklat. Tapi karna aku pakai coklat batang udah ngga perlu lagi. Aroma dark coklat sudah berasa.

Selamat mengeksplor rasa dan semangat #dirumahaja . Semoga bisa jadi ide hidangan untuk keluarga. Happy cooking and baking 🙂

⁘ ⁘ ⁘


About author

borukaro

Anak Pulau Samosir yang terdampar di Ibukota Negara. NM dari DEL. Anggap saja anak IT abal-abal yang suka nulis. Paling suka jalan dan makan, nonton, tidur dan koleksi film

Onde-onde ketawa (1)

Resep Kue Ketawa yang Mekar Sempurna dan Renyah.

Belum kehabisan ide kan selama #dirumahaja? Memasa...

Read more
Coklat Chocochip Cookies (1)

Resep Coklat Chocochip Cookies Renyah dan Enak

Aneka kue kering selalu menjadi favorit keluarga s...

Read more
Aneka Kue Lebaran

Ide Kue Lebaran Simpel dengan Puff Pastry

Aku berencana untuk mencoba beberapa ide kue lebar...

Read more

There is no comment

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: