DAILY LIFE HOMECOOKING MRMRSTAMPUBOLON
Resep Kue Bawang Enak dan Renyah
, , ,

Kue bawang atau yang sering disebut keripik bawang adalah salah satu camilan yang banyak dibuat saat acara tahun baru atau lebaran. Tak jarang juga disajikan untuk camilan keluarga tersayang. Selain kembang layang, keripik bawang biasanya dibuat menjelang Natal dan tahun baru sebagai camilan yang disajikan pada kerabat yang berkunjung pada acara tahun baruan. Jadi hal yang sangat wajib untuk mencoba resep kue bawang ini karena enak dan renyah.

Banyak sekali resep untuk membuat keripik bawang. Ada yang menggunakan campuran santan, tapioka/sagu, minyak atau mentega. Dan tentu saja variasi rasanya berbeda. Dan kali ini aku akan membagikan 2 resep sekaligus yaitu keripik bawang khas medan renyah atau yang sering disebut kue bawang garpu dan satu lagi kue bawang pedas gurih khas Medan.

Resep ini sangat simpel dan cocok dicoba siapapun karena tidak harus punya ampia, atau malas membentuk pakai garpu. Adon, gunting kemudian goreng. Resep keripik bawang ori dan pedas adalah sama persis hanya beda tambahan cabai saja.

Perbedaan kedua, hampir semua resep kue bawang menggunakan penyedap rasa, aku sudah coba 5 resep bahkan mix dengan garam namun tak bisa dipungkiri kalau menggunakan penyedap rasa jauh lebih enak. Penyedap rasa bisa menggunakan royco, masako atau kaldu jamur totole. Jika tidak suka penyedaprasa bisa diganti garam cukup 8gr saja.

Bahan-bahan kue bawang

Bahan A

125gr bawang merah

10 siung bawang putih

1 bungkus masako rasa ayam

1/2 sdt lada bubuk

1 sdt garam

10 cabe setan (sesuai selera) jika ingin yang ori, cabai bisa diskip

Bahan B

500gr tepung terigu (bisa mix terigu 450,tapioka/sagu 50gr)

20gr daun seledri atau sesuai selera

1 butir telur

75gr mentega (bisa mix 50 minyak sayur, 25 mentega)

Khusus untuk takaran margarin, aku bikin dua opsi supaya tergantung kalian pilih yang mana. Pilih bahan yang ada saja. Pakai mentega semua jauh lebih renyah namun saat digunting harus ditabur tepung sedikit supaya tidak lengket. Jika pakai minyak sayur+mentega berkurang renyahnya tetapi saat digunting dan bertindih seperti ini tidak akan lengket.

Untuk gambar yang aku pakai adalah resep kue bawang yang pedas, namun sama saja dengan yang biasa hanya beda cabainya saja.

Cara membuat kue bawang pedas gurih

  • Siapkan semua bahan. Haluskan bahan A. Iris halus seledri atau skip jika tidak suka.

  • Campurkan semua bahan A dan B kemudian aduk pakai tangan. Uleni sampai tercampur rata. Ingat, kalau bahan ini tidak pakai air/santan sama sekali.
  • Kemudian diamkan sekitar 15 menit supaya adonan semakin menyatu. Uleni sekali lagi, kemudian bentuk lonjong dan siap digunting.

Ini adalah hasil adonan kue bawang ori.

Ini hasil adonan kue bawang pedas.

  • Panaskan minyak goreng suhu pelan ke sedang. Kemudian goreng. Untuk hasil yang digunting tadi, langsung masukkan saja ke dalam minyak, biarkan sekitar 5 menit, nanti akan lepas sendiri. Jangan terlalu sering diaduk, tunggu sampai lepas baru kemudian aduk keripiknya.

kue bawang

  • Goreng sampai berwarna kecoklatan atau sampai buih minyaknya hampir habis.

kue bawang

  • Kemudian angkat dan tiriskan. Hasil dari takaran ini sekitar 800gr. Hasilnya renyah dan aroma bawangnya juga berasa.
    kue bawangkue bawang

kue bawang

kue bawang

kue bawang

kue bawang

Sekilas, hasil akhirnya sangat mirip dengan keripik biji ketapang. Namun rasanya yang bikin beda. Nanti kalau bikin lagi, mungkin akan aku coba bentukan garpu.

Dan jika memilih, kue bawang pedas gurih adalah kesukaannya. Ngga cukup makan sedikit, pasti bikin nagih. Untuk hasil yang lebih maksimal, sebaiknya gunting kecil-kecil saja. Aku bikin jumbo karena diburu waktu. Selamat mencoba resep kue bawang renyah dan gurih ini.

✽ ✽ ✽ ✽ ✽

About author

borukaro

Anak Pulau Samosir yang terdampar di antah berantah. Anggap saja anak IT abal-abal yang suka nulis. Paling suka jalan dan makan, nonton dan tidur.

Pregnancy (11)

Ngidam di Kehamilan Pertama

Tulisan pertama tentang cerita kehamilan si nona k...

Read more
Pempek Kapal Selam (1)

Resep Pempek Palembang Ikan Tenggiri Anti Gagal

Pempek merupakan salah satu makanan khas dari Pale...

Read more
Bolu Pisang (9)

Resep Bolu Pisang Panggang Lembut dan Enak

Pisang salah satu buah yang lumayan mudah didapatk...

Read more

There is no comment

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: