DAILY LIFE HOMECOOKING
Resep Kue Getas atau Kemplang Ketan, Camilan Sederhana untuk Keluarga
July 12, 2020
0
, , ,

Sudah mulai kehabisan ide masak apa di rumah untuk keluarga? Coba resep kue getas ketan atau yang biasa disebut kemplang ketan ini, salah satu ide camilan keluarga. Resep kue getas ketan gampang dan murah. Di pasar tradisional tempat kami ada jual camilan ini biasanya dicampur dengan aneka kue. Mungkin ada juga di daerah lainnya dengan nama yang berbeda. Sebelum bikin sendiri, terakhir kali makan kemplang di Stasiun Bogor. Biasanya banyak di jajankan di sepanjang jalan.

Ide itu selalu muncul disaat mulai buka-buka kulkas. Aku cek ada kelapa parut dan ada ketan sisaan bikin lapet pulut. Aku punya sedikit sisa ketan hitam 4 sendok lagi. Akhirnya aku putuskan untuk bikin kue getas ketan hitam dicampur dengan ketan putih. Dengan 4 sendok makan ketan hitam warna kemplang didominasi warna ungu dibanding putih.

Getas salah satu camilan kesukaanku karna bikinnya gampang dan teksturnya yang kenyal-kenyal. Apalagi kalau pinggirannya digoreng crispy. Apa saja yang dibutuhkan untuk membuat getas ketan? Yuk kita coba.

Bahan-bahan getas ketan

Bahan digoreng

  • 200gr ketan (bisa diampur ketan hitam dan ketan putih)
  • 1/2 sdt garam
  • 1/2 bagian kelapa parut dari 1 kelapa utuh. 1/2 bagian lagi untuk santan.
  • 1/2 sdt vanilli bubuk (optional)
  • 100 ml-120ml santan (secukupnya)

Bahan lapisan

  • 150gr gula pasir (sesuai selera)
  • 3 sdm air
  • sejumput garam

Note : kalau ngga punya timbangan, cek takaran sendok disini. 

Cara membuat getas ketan

  • Campur ketan, garam, vanilli bubuk dan kelapa parut dalam satu wadah. Aduk dengan spatula.
  • Kemudian campur dengan santan. Tuang sedikit demi sedikit sampai bisa dibentuk bulatan. Gunakan santan secukupnya saja karena kandungan air dalam kelapa parut berbeda-beda. Jadi jangan tuang sekaligus. Semakin lama warna adonan menjadi warna ungu padahal aku cuma pakai ketan hitam 4 sendok aja. Jika semua adonan menggunakan ketan hitam, warna adonan akan menjadi ungu pekat.

  • Kemudian bentuk bulatan sesuai yang diinginkan. Biasanya gemplang dibentuk bulat lonjong. Namun ada juga yang bulat pipih. Aku bikin bulat pipih supaya pinggirannya crispy dalamnya lembut.

  • Panaskan minyak goreng, kemudian pipihkan adonan saat ingin menggoreng. Kemudian goreng getas sampai warna berubah kecoklatan. Atau kalau kamu ngga suka crispy ngga usah sampai warna kecoklatan. Lakukan sampai semua adonan selesai digoreng.
kemplang ketan

Dibentuk pipih atau bulat lonjong

  • Tiriskan dan tunggu sampai dingin.
  • Siapkan adonan pelapis. Masak gula pasir dengan 3 sdm air dengan api kecil. Biarkan sampai meleleh dan berbuih. Kemudian masukkan getas yang sudah dingin ke dalam larutan gula sampai tercampur semua. Kalau ngga suka manis, larutan gula bisa dikurangi.

Dicampur dengan larutan gula

  • Jika semua sudah tercampur dengan gula, pisahkan supaya nanti tidak pada nempel. Tunggu sampai getas mengeras dan siap disajikan.

Kemplang ketan itam

getas ketan

getas ketan/kemplang ketan

getas ketan

Luarnya crispy dalamnya lembut

getas ketan

getas/ kemplang ketan

Baca juga : Resep Kue Ketawa yang Mekar Sempurna dan Renyah

Rekomendasi camilan sore-sore bersama keluarga. Sambil kerja #dirumahaja bikinnya simpel, resepnya mudah ngabisinnya gampang (hahahahaha). Selamat mencoba dan jangan lupa follow instagram borukaro untuk update ide masakan lainnya.

✽ ✽ ✽ ✽ ✽

About author

borukaro

Anak Pulau Samosir yang terdampar di Ibukota Negara. NM dari DEL. Anggap saja anak IT abal-abal yang suka nulis. Paling suka jalan dan makan, nonton, tidur dan koleksi film

adenium

Percantik Ruang Tamu Dengan Tanaman Hias Ini!

Tulisan ini aku rekomendasikan untuk teman-temanku...

Read more
Macrame (1)

Tetap Produktif di Masa Pandemi, Yuk kita Bikin Macrame Hiasan Dinding!

Sudah beberapa bulan menggemari seni ikat simpul m...

Read more
Mie Gomak Kuah B2

Resep Mie Gomak Kuah Daging B2

Mie gomak kuah sudah pasti sering kamu coba bukan?...

Read more

There is no comment

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: