HOMECOOKING MEDAN
Resep Mie Gomak Kuah Daging B2
July 17, 2020
0
, , , ,

Mie gomak kuah sudah pasti sering kamu coba bukan? Aroma mie gomak kuah perpaduan rempah, andaliman dan santan wajar jika mie gomak adalah makanan yang wajib kamu coba jika bertandang ke Tanah Batak. Di pasar tradisional, di acara-acara BatakĀ  tak jarang mie gomak disajikan untuk disantap. Bumbu rempah andaliman selalu menjadi andalah masakan khas Batak. Rasa mangittir (menggetarkan lidah) selalu diingat orang yang menyantapnya. Kali ini aku akan berbagi resep mie gomak kuah b2. Mie Gomak ini sering disebut mie jagal atau mie gomak jagal (jagal artinya daging).

Mie gomak kuah polos dicampur dengan bihun. Anak sekolah pasti familiar mie ini di kantin sekolah.

Mie gomak kuah bisa dengan bebas kamu variasikan dicampur dengan apa. Namun tak jarang dibuat polosan tanpa campuran daging atau seafood. Tapi, di salah satu kota di Samosir kamu akan menemukan mie gomak jagal ini. Agak beda memang mie gomak ini dengan mie gomak pada umumnya, tapi soal rasa tidak usah ditanya. Sudah pasti enak. Segala makanan yang berbahan dasar b2 selalu enak (hahahahaha).

Aku mencoba resep ini karena kakakku sering mencoba di rumah. Jadilah kucoba untuk dinikmati bang Sabar. Seandainya disuruh milih mie gomak biasa atau mie gomak jagal, aku akan pilih mie gomak ini. Karena selain bumbu yang sangat familiar dengan lidah, juga lebih beraroma dan mengundang selera. Apa saja yang dibutuhkan untuk membuat masakan ini?

Bahan-bahan mie gomak kuah daging b2

Bumbu dan bahan sama persis dengan resep tanggo-tanggo yang aku tulis disini. Bisa dicek kalau agak bingung.

Takaran daging dan bagian dalam yang aku gunakan sekitar 500gr. Porsi 8 org makan sepuasnya.

Bahan

  • 1/2 kg mie gomak
  • sawi putih
  • 500 gr bagian dalam b2/daging b2
  • cabe setan 7 biji
  • bawang merah 4 siung
  • bawang putih 1 siung
  • merica 1/2 sdt
  • ketumbar 1/2 sdt
  • lengkuas sebesar 1 ibu jari
  • serai 2 batang digeprek/diblend juga bisa
  • daun jeruk 2 lembar
  • andaliman sekitar 1 genggam (bisa ditambah jika suka)
  • garam secukupnya
  • darah babi yang sudah dicampur dengan jeruk (optional)

Ditambah wajib

  • 6 sdm kelapa gongseng/kelapa sangrai
  • daun bawang secukupnya
  • garam secukupnya

Optional

  • Kerupuk
  • Bawang goreng
  • Sambal mie gomak (andaliman+cabe rawit merah+garam)

Jadi biasanya mie jagal ini dicampur dengan bagian dalam (jerohan b2). Namun setelah aku coba, cocok juga pakai daging b2. Tapi jangan banyak yah, tetap ingat kolestrol. hahahha

Cara membuat mie gomak kuah

  • Blend semua bumbu kecuali daun jeruk. Tumis semua bumbu, tambah dengan ketumbar, merica, daun jeruk tunggu sampai wangi. Kemudian masukkan daging babi campur dengan bumbu sampai tercampur rata.

  • Tambahkan air dan tunggu sampai daging matang. Jika daging sudah matang, masukkan gota. Aduk-aduk sebentar.

  • Terakhir tambahkan lagi air untuk kuah mie gomak. Kemudian masukkan 6 sdm makan kelapa gongseng. Cek rasa tambahkan garam jika dirasa kurang.

  • Jika rasa sudah oke, masukkan daun bawang. Siap diangkat.

  • Rebus mie gomak. Setelah mie gomak 98% matang, masukkan sayur ke dalam rebusan sampai matang. Kemudian cuci dan tiriskan. Sayur selalu aku rebus dengan mie gomak jadi ngga dicampur dengan kuah. Kalau dicampur dengan kuah nanti bumbu jadi meresap ke sayur semua.

Mie gomak jagal atau mie gomak kuah daging b2 siap disajikan. Jangan lupa santap dengan kerupuk, taburi bawang goreng dan sambal andaliman biar makin mangittir saat dinikmati.

Mie Gomak Kuah Daging b2

Mie Gomak Kuah Daging b2

Kuah mie gomak

Mie Gomak Kuah

Mie Gomak Kuah Daging b2

Mie Gomak Kuah

Mie Gomak Kuah b2

Mie Gomak Kuah Daging b2

Mie Gomak Kuah by @borukaro

Mie Gomak Kuah b2

Mie Gomak Kuah Daging b2

Mie Gomak Kuah b2

Mie Gomak Kuah Daging b2

Digodok tinggal disantap

Mie Gomak Kuah b2

Mie Gomak Kuah Daging b2

Makin liat ke bawah makin lapar. hihihihihi

Mari kita makan

mie gomak kuah b2

Mie Gomak Kuah Daging b2

Mie Gomak Kuah Daging b2

Baca juga : Resep Mie Gomak Goreng Bumbu Andaliman

Jadi saat aku posting ini, ada beberapa yang nanya.

Q: Kalau ngga makan gota (darah) gimana kak?

Kalau ngga makan gota pas masak saksang, gotanya diskip aja. Nanti warna dan aromanya akan diganti sama kelapa gongseng saat masak kuah mie gomak.

Jadi pertanyaan ini udah sering juga ditanya untuk bikin napinadar atau saksang. Jadi kalau kalian ngga makan gota, bisa diskip. Kebanyakan orang sekarang kalau ngga makan gota biasa diganti dengan kelapa gongseng. Tp tujuan kelapa gongseng untuk membuat makin beraroma dan warnanya kek gota. Jadi kalau seperti ayam gota, ngga bener kalau dibilang ayam gota tapi tanpa gota. Namanya pun udah gota ya pake darah (hehehe). Sekali lagi kelapa gongseng untuk nambah aroma yah buibu.

Selamat mencoba resep ini, aroma bumbu saksang ditambah kelapa gongseng masih terbayang diingatan. Resep ini wajib kamu coba. Happy cooking yang masih setia #dirumahaja.

About author

borukaro

Anak Pulau Samosir yang terdampar di Ibukota Negara. NM dari DEL. Anggap saja anak IT abal-abal yang suka nulis. Paling suka jalan dan makan, nonton, tidur dan koleksi film

Getas Ketan

Resep Kue Getas atau Kemplang Ketan, Camilan Sederhana untuk Keluarga

Sudah mulai kehabisan ide masak apa di rumah untuk...

Read more
Coklat Chocochip Cookies (7)

Tips simpel masak-masak ala borukaro

Aku akan gabung disini untuk tips-tips simpel ala ...

Read more
Roti Kelapa

Resep dan Cara Membuat Roti Kelapa, Roti Manis dari Siantar

Roti kelapa, roti manis isi kelapa begitu orang me...

Read more

There is no comment

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: