Daily Life Kuliner Resep Masakan
Resep Natinombur, Bumbu Ikan Bakar Khas Batak yang Enak
May 16, 2019
2
, , , , , ,

Ikan nanitombur atau tombur Batak merupakan salah satu makan khas Batak Toba yang berasal dari Sumatera Utara. Rasa dari ikan nanitombur sangat enak karena rasanya sangat mengigit di lidah. Memasak ikan nanitombur cukup mudah. Biasanya ikan yang ditombur adalah ikan mas, ikan mujahir, ikan nila atau pun lele. Pertama sekali ikan dipanggang kemudian dibumbui dengan resep khusus yaitu resep natinombur atau sering disebut dengan tombur Batak. 

Tulisan ini aku posting untuk menjawab pertanyaan mengenai resep memasak natinombur yang enak dengan rasa andaliman yang mangittir (bergetar) di lidah. Cukup mudah dilakukan bagi yang sedang belajar memasak. 

Resep Natinombur

Bumbu Natinombur Khas Batak

Bahan – bahan resep natinombur :

  • 1 kg ikan mujair
  • 100 gram cabe merah
  • 7 biji kemiri
  • 13-15 biji cabe rawit atau sesuai selera. 
  • 2 batang kecombrang
  • 5 siung bawang merah
  • 4 siung bawang putih
  • 2 buah tomat ukuran besar
  • 2 buah jeruk nipis (1 untuk ikan, 1 untuk bumbu)
  • garam secukupnya
  • andaliman segenggam

Cara Memasak :

  1. Pertama sekali bersihkan ikan mujair/lele/nila atau ikan mas. Belah dua dengan potongan panggang supaya daging bisa matang dengan sempurna. Lumuri ikan dengan perasan jeruk nipis dan garam sampai merata. Diamkan sekitar 15 menit. Kemudian panggang ikan dengan bara api atau dengan teflon anti lengket. Dipanggang di teflon mengurangi asap yang masuk ke dalam daging, jadi lebih sehat. Ini cara yang paling mudah untuk memanggang ikan. Jika ragu ikan lengket ke teflon, bisa dioles dengan sedikit mentega. 
    Resep Natinombur

    Bahan-bahan Natinombur- Ikan Dipanggang

  2. Bolak-balik ikan mujair sampai matang dengan sempurna di kedua sisi. Tidak berair, tidak terlalu crispy dan tidak gosong. 
    Bahan-bahan Natinombur Batak

    Proses memanggang ikan mujair untuk natinombur.

  3. Sangrai atau goreng semua bumbu lainnya supaya bumbunya wangi. 
  4. Kemudian rebus tomat, cabe dan kecombrang. Kecuali andaliman tidak perlu disangrai atau direbus. Fungsi tomat disini untuk menciptakan rasa manis pada sambal namun bisa juga tanpa tomat. Cukup ditambah sedikit air panas. 
  5. Giling semua bumbu di ulekan. Campurkan semua bumbu termasuk andaliman. Bisa juga pakai blender supaya halus. Untuk resepku ini sengaja bumbunya diulek supaya teksturnya tidak terlalu lembek. Lakukan sampai seperti ini. 
    Resep Natinombur

    Sambal Natinombur Khas batak – Tombur Batak

  6. Jika bumbu sudah halus, tambahkan garam sesuai selera. Campur dengan sedikit air panas. Kemudian tambahkan sedikit perasan jeruk nipis ke dalam bumbu. Supaya semakin nikmat rasanya. 
     

    Resep Natinombur Khas Batak

    Jika menggunakan blender, hasilnya akan seperti ini. 

    Bumbu Tombur yang di blender

  7. Kemudian lumuri ikan yang sudah dipanggang ke dalam bumbu yang sudah diselesai diramu. Lakukan bolak-balik. Ini khusus yang ingin langsung disantap. Bisa juga disajikan terpisah supaya tidak cepat basi. 

    Manuk Napinadar

Natinombur Khas Batak

Hm….rasanya pas, mantap. Asin dan asamnya pas. Andalimannya juga. Jadi seperti makan di rumah. 🙂 🙂

Resep Natinombur Khas Batak

Ikan yang sudah dipanggang disiram dengan bumbu yang sudah dihaluskan, atau bisa juga disajikan terpisah menjadi sambal cocol. Bumbu sambal natinombur dengan campuran andaliman berhasil menggigit lidah setiap orang yang menyantapnya. Rias (kecombrang) dan kemiri mencipatakan aroma yang khas untuk tombur. Jika berkunjung ke daerah Sumatera Utara khususnya daerah pesisir Danau Toba jangan lupa untuk mencicipi makanan ini karena menjadi salah satu makanan kebanggaan orang Batak. 🙂

Happy cooking. 

⁘ ⁘ ⁘


About author

borukaro

Anak Pulau Samosir yang terdampar di Ibukota Negara. NM dari DEL. Anggap saja anak IT abal-abal yang suka nulis. Paling suka jalan dan makan, nonton, tidur dan koleksi film

bercocok-tanam-borukaro-7

Cara Bercocok Tanam Dengan Memanfaatkan Lahan Sempit

Cara bercocok tanam dengan memanfaatkan lahan semp...

Read more
nasi-goreng-hijau-borukaro (1)

Resep Nasi Goreng Ijo Dijamin Enak

Akan aku bagi resep nasi goreng ijo yang dijamin p...

Read more
Pisang Goreng Crispy

Cara Membuat Pisang Goreng Crispy Anti Gagal

Pisang goreng crispy kesukaanku dan suami...

Read more

There are 2 comments

  • Febrina Lia Gultom says:

    Dulu biasa dimasakin sama bapak dirumah. Tp warnanya lebih kehijauan. Karna lebih banyak rawit hijau. Skrg mau coba masak sendiri tp susah nemu andaliman sama rias di jkt. Kalo boleh tau kakak beli andaliman dan rias di jkt dmna ya?

  • Leave a Reply

    This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.