Daily Life MrMrsTampubolon
12 List Persiapan Pernikahan Batak Paling Penting: 8 Bulan Sebelum Hari H
February 12, 2018
0
, , , ,

Setelah kesibukan ini itu yang tak kunjung habis, akhirnya bulan ini aku dedikasikan untuk menulis tentang persiapan menikah tahun lalu. Berbulan-bulan lamanya aku tidak menulis karena mengurus banyak hal dan sampai tahun berganti barulah kesampaian menulis topik ini. Mungkin efek sibuknya penyesuaian jadi ibu rumah tangga kali yah 😀 . Untuk pembuka tulisan tentang pernikahan, aku akan menulis lengkap list persiapan menikah secara adat Batak yang kami lakukan 8 bulan sebelum hari H setelah kami menyampaikan niat untuk membangun rumah tangga kepada orang tua.

Untuk setiap pasangan yang ingin menikah tentu beda-beda hal yang dipersiapkan, tergantung adat, lokasi, susunan acara dan masih banyak lagi. Kebetulan semua hal yang berkaitan dengan acara pesta diurus sendiri oleh aku dan bang Sabar. Dan menurut bang Sabar suatu kebanggaan tersendiri bagi dia ketika semua hal bisa kami urus sendiri baik dari dana dan persiapan segala sesuatunya tanpa merepotkan orang tua.

Kami menentukan tanggal menikah 1 tahun setelah kami mengambil keputusan untuk siap menikah. Jadi persiapan yang kami lakukan sebenarnya sudah 1 tahun sebelum hari H, tetapi baru rempong setelah 8 bulan sebelum acara. Banyak hal yang kami persiapkan berupa list penting yang kami urus berdua dari Jakarta.

Ring box

Sepenuhnya persiapan diurus langsung oleh aku dan bang Sabar. Kami berdua benar-benar repot bersama. Udah benar-benar mandiri. Kadang-kadang merasa sendiri karna mamak jauh di Samosir cuma sebagai anak perempuan yang merantau jauh, aku ingin mamak ngga repot mikirin ini itu, cukup aku saja. Sesekali aku tanya pendapat mamak mengenai pemilihan warna dan motif karena butuh penyesuaian dengan mereka untuk warna kebaya dan songket saat acara nanti. Apa saja yang kami persiapkan?

1- Kebaya dan Jas Pengantin

Kebaya adalah hal yang pertama langsung kami cari karena tanya beberapa teman, untuk membuat kebaya butuh waktu yang cukup lama dan belum tentu si tukang jahit yang kita mau masih available. Aku dan bang Sabar mulai mencari bahan kebaya ke Pasar Mayestik. Disana banyak sekali kebaya namun tidak aku temukan yang pas. Diminggu berikutnya kami coba cari ke Pasar Tanah Abang dan disana aku menemukan motif yang pas untuk kebaya hari H. Untuk martumpol aku beli dari Pasarbaru.

Dari ketiga lokasi kebaya, aku lebih suka mencari di Pasarbaru, pertimbangannya pertama dekat dengan kantor, kedua bahan sudah banyak yang dipatung sehingga lebih gampang mencarinya dibanding di tanah abang dan mayestik yang masih digulung-gulung. Terkadang ngga enak minta buka. Kedua karna lokasi jait jas suami juga di Pasarbaru.

Motif yang aku gunakan semi Prancis warna Putih (White) untuk wedding dan pink menuju ke peach untuk martumpol. 😀

Kebaya Pernikahan dan Martumpol (Engagement) dijahit di cikrosskebaya, lokasi di Jakarta Timur. Bisa langsung cek ig untuk tanya pricelist atau WA ke 081807068870.

Kebaya Pernikahan : dari Tanah Abang lt dasar.

Kebaya Martumpol : Makassar Tekstil Pasarbaru

List Persiapan Menikah

List Persiapan Menikah

Kebaya wedding full payet. Dengan motif dan detail seperti gambar di bawah ini.

Ini kebaya martumpol dengan bahan semi Prancis dan jahitan semi payet. Menggunakan kancing belakang.

Waktu pengerjaan kebaya di cikross sekitar 3 bulan, fitting 2 kali dan sudah dijadwalkan langsung oleh cikross. Untuk harga yang dia tawarkan menurutku sudah lumayan murah dibanding tukang jahit lainnya dan sesuai dengan kualitas yang dia berikan. Secara keseluruhan, aku suka kebaya yang dia buat. Pengerjaan rapi dan pas di pakai. Cuma, ya jangan heran saat kamu kesana dan melakukan order dibawah 3 bulan sebelum acara kamu bisa ditolak karna pelanggannya buaaanyyaaakkkkk sekali. Harga kebaya martumpol dan wedding sekitar 6jtan. Sedangkan harga bahan untuk martumpol dan wedding sekitar 700-800an.

Lanjut ke jas bang Sabar. Untuk jas kami ambil dari 2 lokasi yang berbeda. Untuk jas martumpol kami beli dari SOGO Kokas. Sengaja beli yang udah jadi karna untuk jahit dua-duanya mahal. Untuk menghemat biaya kami coba beli yang jadi dengan kualitas yang lumayan oke. Selain itu si SOGO bisa custom dengan ukuran si pembeli. Jadi ngga usah ribet-ribet pilih bahan lagi. Kami juga mencari jas jadi dari Matahari dan harganya hampir sama diatas 1.2jtan. Tapi di Matahari ngga bisa custom, alhasil jadilah pilihan di SOGO. Ntah karna apa enak aja bawa bang Sabar kesana karna coba-coba ukuran lumayan gampang, langsung pas di badan hanya perlu potong panjang celananya saja. Oh iya, ini sepasang yah udah jas dan celana.

Jas wedding kami jahit di ISARDAS Pasarbaru. Mengapa jahit disini? Selain karna udah punya nama, mata udah langsung memilih tempat ini duluan karna hasil jaitan yang rapi. Terlihat dari jas-jas yang dipajang di depan. Menjahit di ISARDAS mendapat garansi selama satu tahun. Jadi jika dalam satu tahun ingin melakukan perbaikan atau perubahan seperti memngecilkan atau memperbesar semuanya gratis. Sebanding dengan harganya juga sih. Harga menjahit mulai dari 2.5jtan belum termasuk bahan, untuk mengurangi harga bisa bermain di bahan. Dan sejujurnya menurutku harganya cukup mahal, tapi setelah lihat hasil pengerjaan yang rapi setidaknya itu terbayar. Bang Sabar fitting 2x sebelum pengambilan. Harga bahan permeternya sekitar 500-600an dan butuh sekitar 4 meter untuk bahan celana, rompi dan jas.

Fitting Pertama

 

Fitting Kedua

2 – Sadum dan Tumtuman

Ini adalah hal terpenting kedua yang langsung aku booking karena butuh pengerjaan sekitar 1 bulan lebih. Untuk martumpul aku menggunakan sadum berwarna biru seperti yang aku gunakan saat fitting kebaya martumpol dan untuk pernikahan aku menggunakan tumtuman. Mengapa aku memilih tumtuman? Pertama supaya lebih terlihat etnik Batak nya. Kedua menurutku songket sudah biasa dan pernah sekali aku coba bahannya lumayan sering nyangkut-nyangkut. Jadi aku pilih tumtuman dengan warna yang soft supaya kemudian bisa aku gunakan kembali untuk acara lain tanpa takut itu formal atau semi formal. Untuk sadum harga sekitar 600an dan tumtuman 3jtan. Bisa kamu order dari aku yah. 🙂

Motif Selendang

Motif Sarung

3 – Salon Pengantin

Salon sudah aku booking jauh-jauh hari untuk menghindari tanggal yang sama dengan orang lain. Aku memilih Parapat Winda Salon dengan pertimbangan seperti yang sebelumnya aku tulis disini. Selain pertimbangan lokasi yang tidak terlalu jauh, aku lebih suka warna make-up dari dia. Winda Salon bahkan udah aku booking sebelum kebaya jadi. 😀 . Selain itu paket dari Winda Salon udah include orang tua jadi ngga usah ribet cari lagi salon untuk orang tua. Harga yang ditawarkan sekitar 3jtan.

Muka baru dirias

4 – Fotografer Pernikahan

Aku sempat menanyakan 3 fotografer untuk wedding. 1 gagal karena paket yang ditawarkan sangat mahal sementara paket yang didapatkan sedikit. Kedua tidak available ditanggal yang aku mau. Dan jadilah di a2_photography_balige karena berada di Balige. Harga yang ditawarkan mulai dari 3jtan tahun lalu. Aku ambil paket 2 album besar, 2 CD video, flashdisk mini cuplikan wedding, all foto selama acara dan 1 foto yang dibingkai besar harga sekitar 4.8jtan. Oh iya, Dp hanya 500rb loh dan pelunasan baru dilakukan setelah foto dan video siap kirim. Jadi kami bisa mengalokasikan dana ke hal yang lebih penting dulu. 😀

Kalau ditanya puas atau ngga nya, aku sangat suka hasil jepretan bang Radikin karna semua foto diambil natural. Fix pengantin cuma sebagai model dan semua foto candid. Info WA ke 085370376228.

5 – Sepatu Pernikahan

Masuk dalam hal terpenting karena dalam acara adat Batak yang durasinya sangat lama, sepatu menjadi hal yang sangat dibutuhkan. Aku tempah sepatu di innothbrideshoes . Aku memilih tempah untuk menghindari kaki yang lecet dan supaya sepatu ini bisa aku gunakan kembali bahkan setelah wedding. Aku juga kesulitan mencari ukuran sepatu nomor 36, ditempah menjadi solusi menurutku. Jadi intinya ngga cuma dipake sekali aja. Aku ingin sepatu yang senyaman mungkin aku pakai. Untuk pengerjaan sekitar 6-8 minggu dengan harga sekitar 550-650rb untuk sepatu pernikahan. Warnanya aku samakan dengan warna kebaya namun diberi satin coklat muda.

Untuk sepatu martumpol aku beli dari Matahari merk Fladeo karna cukup nyaman di kakiku. Untuk bang Sabar ngga terlalu ribet, cukup beli 1 sepatu martumpol dan pemberkatan dari Hush Puppies harga diatas 500an.

Sepatu wedding tempah by nnothbrideshoes

Sepatu wedding tempah by nnothbrideshoes

6 – Kartu Undangan

Dari awal kami udah coba liat-liat undangan online dan bisa dikatakan harganya lumayan mahal. Dan dari beberapa rekomendasi teman, saat ini udah banyak yang ngga ngasih undangan fisik lagi, tapi kirim undangan image dari WA atau line atau semacamnya dan berbasis online. Sempat mikir untuk jadi pesan atau tidak. Mengingat undangan Batak yang biasanya lumayan banyak, beda undangan paranak (pihak laki-laki), ada lagi undangan parboru (pihak perempuan) dan nasional.

Jadilah untuk nasional kami pesan dari undanganbatakmurah, aku cek link nya kemarin dari kak Linda Pardede. Dan benar saja, yang empunya orang Batak dan harganya lumayan murah. Tetapi kami melakukan custom dari sisi design, ukuran, dan content. Fix hanya print dan kertas saja dari mereka. Bisa WA kesini  081399689888 . Undangannya oke dan cukup bagus, hanya saja dibelakang undangan mereka menampilan url undangan online, saran sih ada baiknya mereka membuat nama percetakannya saja. 😀

Undangan penting dikerjakan minimal 2-3 bulan sebelum wedding karena butuh waktu yang lumayan lama  membaginya. Kami bahkan kewalahan membagi ke teman-teman yang lokasinya jauh. Dan jika di undangan akan mencantumkan foto berdua, pastikan prewed dulu baru print undangan.

Design karikatur by Bewok (teman kantor bang Sabar)

Amplop : bang Sabar

Amplop beli sendiri, dan pita juga. Tapi akhirnya pita ngga dipake karna susah ngikatnya.

Undangan Pernikahan

Undangan Pernikahan

7 – Cincin Pernikahan

Sebelumnya kami ingin buat di kampung karena katanya Mas di Balige itu lebih murni. Banyak pertimbangan yang membuat kami harus buat di Jakarta, salah satunya adalah ukuran. Untuk mas kawin kami cek ke Pasarbaru Pasar Atom karena dekat dengan kantorku. Di sana banyak sekali pilihan emas dan motif. Tinggal pilih emas kuning atau emas putih. Sengaja memilih 24 karat supaya murni. Kalau ditanya mengapa tidak ambil yang bisa dicustom misal emas putih, reasonnya cuma satu, aku suka emas murni dan polos.

Harga mas tergantung dari harga pasar dan bisa berubah setiap hari. Jadi kami langsung ambil sepasang di Royal Gold & Jewellery Pasarbaru. Designnya cukup simple, hanya dibuat nama kami berdua saja. Oh iya, untuk informasi pastikan sebelum membeli cincin kawin untuk menanyakan apakah bisa untuk custom kemudian dikemudian hari dengan harga GRATIS. Mengapa? Karna pengerjaan mas kawin kami sekitar 2 minggu dan itu masih sekitar 2-3 bulan lagi sampai menikah. Dan ntah mengapa ukuran jari kami berdua bertambah besar. Sehingga sebelum pulang kami perbesar lagi ukuran cincinnya dan toko menerima tanpa biaya apapun. Ini kondisi kalau seperti kami aja sih. 😀

Model cincin pernikahan

8 – Dekorasi dan Mobil Pengantin

Bagi orang Batak apalagi yang masih di kampung masih jarang sekali melakukan acara di gedung apalagi jika halaman rumah luas. Jadi tidak seribet gedung di Jakarta ini, aku hanya perlu memikirkan dekor untuk di gereja dan pelaminan di depan halaman rumah. Karena sebenarnya untuk orang Batak pengantin tidak akan banyak menghabiskan waktu duduk di pelaminan.

Jika ditanya penting atau tidaknya pelaminan, tentu aku katakan iya. Karna begitu ribetnya pakai kamisol, kebaya dan rok, belum lagi sepatu dan harus duduk di tikar. Jika dulu ini biasa, sekarang sudah sangat penting menurutku. Bayangkan saja untuk ukuran acara yang hampir sehari. Untuk dekor gereja dan pelaminan aku mengambil paket dari Winda Salon Parapat.

Kemudian mobil pengantin, ini juga hal yang penting menurutku. Jika rumah pas di sebelah gereja sih ngga apa-apa. Tetapi mengingat sekarang ini udah ribet sama makeup yang mahal, sanggul, kebaya sepatu high heels, sangat sayang sekali jalan kaki lagi panas-panasan. Dan untung saja rute perjalanan kami dari rumah ke gereja lumayan jauh juga. Jadi langsung aja pakai mobil. Untuk harga dan dekor dari Winda Salon dimulai dari 3jtan.

9 – Catering/Musik/Tenda

Khusus untuk catering, musik dan tenda kami ambil dari 1 vendor di kampung. Biasanya di kampung itu jika ada cara dukacita dan sukacita ada serikat kampung gitu yang mengurus semuanya. Jadi ada utusan dari warga kampung yang bergotong-royong membantu selama acara pesta dan ini berlaku untuk semua warga di kampung tersebut. Namun semakin majunya zaman udah mulai berubah menjadi catering dan sudah lumayan banyak vendor saat ini. Kami juga langsung memilih vendor supaya fix tinggal bayar dan ngga usah ngerepotin siapa-siapa lagi. Biasanya harga mulai dari 30jtan tergantung jumlah tamu undangan yang akan datang.

10 – Rumah Tinggal

Kami harus memikirkan tempat tinggal setelah kembali ke Jakarta. Karena belum punya rumah jadilah kami memutuskan untuk tinggal sementara di apartemen. Namun ini udah harus dipikirkan sebelum menikah, mengapa? Supaya ngga bingung tinggal dimana setelah balik ke Jakarta tentunya. Hahaha. 4 bulan sebelum menikah kami udah mencari apartemen ini karena cukup menguras kantong juga karena bayar untuk 1 tahun. Harus masuk dalam list supaya tau untuk mengalokasikan dana saat hari H.

Ini tips untuk cewek-cewek, ada gunanya nyicil perlengkapan dapur jauh-jauh hari. Sangat membantu biar ngga repot saat udah memasuki rumah baru. Jadi perlengkapan yang terbilang kebutuhan sudah ada dulu. Misalnya ricecooker, kuali, setrika, bantal dll. Minimal hitung-hitung bantu mengurangi  pikiran.

Pindahan kosan ke apartemen sebelum mudik

Rumah panjaean

11 – Prewedding

Penting atau tidaknya sebenarnya tergantung kebutuhan, aku dan bang Sabar sebenarnya cuma pakai fotonya di undangan social media saja. Pertama, aku ngga suka foto studio dan untunglah bang Sabar juga ngga suka. Jadilah foto ala-ala di Bogor dan dibantu sama Liana dan bang Jecky teman sekantor. Mereka berdua memang suka fotografi dan kami sengaja mengambil cuti ke Bogor untuk bisa ambil foto yang lucu-lucu dan memilih lokasi foto yang instagramable. Untuk info foto prewed dan video prewed bisa hubungi bang Jecky yah WA 08999298582.

Detail lokasi dan hasil foto prewed aku upload di postingan yang berbeda yah. Karna lumayan banyak ceritanya, mungkin sekaligus bisa jadi rekomendasi lokasi prewed 😀 Segini banyaknya barang yang kami bawa untuk melakukan sesi foto. Bahkan masih rempong di dalam mobil mempersiapkan segala sesuatunya.

List Persiapan Menikah

List Persiapan Menikah

Ada yang tanya, udah lama pacaran ngga bosan? . . Tahun pertama tahun kedua masih menjadi tahun paling sulit karena mengandalkan ego masing-masing. Tak jarang sering cek cok ini itu bahkan masih kuat untuk mardandi (ngambek) berhari-hari. Bahkan kami pernah gagal. Tapi dengan kehilangan, menjadi salah satu cara untuk memperbaiki diri dan menerima kekurangan masing-masing. . . Lelaki ini ngga banyak neko-neko. Kalau udah iya ya iya aja, ngga ya ngga aja, suka ya suka aja. Dia mengijinkanku melakukan setiap hal yang aku suka, tidak keberatan jika aku harus membagi waktu antara teman dan dia. Bermain dengan siapapun asal tidak lupa kasih kabar. 😝😝😝 Ngga akan mengganggu/nelpon disaat aku bermain dengan teman-temanku, kecuali urusan penting. Dia memberikan ruang seluas-luasnya untukku dan memberikan kepercayaan penuh padaku. . . Ada juga yang bertanya, seberapa sering durasi pertemuan kami? 1x seminggu untuk gereja bareng dan Sabtu jika ada yang penting. Mengapa tidak tiap hari? Karna aku tau, dia akan menjadi orang yang akan selalu kutatap dari bangun pagi sampai menutup malam untuk sepanjang usiaku. 😊😊😊😊

A post shared by Ennitan Karokaro (@borukaro) on

12 – Undangan Social Media

Dalam hal ini aku harus ngerepotin beberapa orang sekaligus dan terima kasih untuk Keny, Liana dan bang Jecky yang udah membantu sampai semuanya selesai. Menghemat budget? Tentu saja, dan peran teman-teman sangat membantu sekali. Karna aku juga mendapat banyak masukan dari mereka. Waktu pengerjaan prewed, undangan social media lumayan berbarengan karena setelah sesi foto dilakukan baru kami bisa edit foto yang akan di share.

Dari sekian banyak persiapan, ini hal yang paling besar yang kami persiapkan untuk kebutuhan pernikahan. Sudah kami persiapkan 8 bulan sebelum menikah. Masih banyak printilan-printilan kecil yang akan aku bahas di postingan selanjutnya. Yang tahun ini atau dalam waktu dekat akan melangsungkan pernikahan sudah sampai manakah persiapannya? Apakah seribet aku juga? 🙂

Tetap semangat, cheers 😀 😀 😀 😀

⁘  ⁘  ⁘

 


About author

borukaro

Anak Pulau Samosir yang terdampar di Ibukota Negara. NM dari DEL. Anggap saja anak IT abal-abal yang suka nulis. Paling suka jalan dan makan, nonton, tidur dan koleksi film

8 bulan menikah

8 Bulan Menikah ♥

8 bulan menikah, dan kami berdua sama-sama lupa pa...

Read more
Morning selfie - 7 bulan menikah

7 Bulan Menikah ♥

[caption id="attachment_3128" align="aligncenter" ...

Read more
Gunung Papandayan

Istri Idaman

[caption id="attachment_2820" align="aligncenter" ...

Read more

There is no comment

Leave a Reply