Kuliner Medan
Resep Ayam Pinadar, Manuk Napinadar Masakan Khas Batak
January 15, 2016
18
, , , , ,

Untuk kali ini, aku akan menjelaskan cara memasak ayam pinadar atau dalam bahasa Batak sering disebut Padar atau Manuk Napindar. Dalam pembahasan ini ayam akan dicampur dengan gota. Gota adalah darah, jadi menggunakan darah ayam itu sendiri. Karena untuk sebagian orang yang tidak memakan darah ada juga cara memasaknya yang akan dibahas pada postingan berikutnya.

Gota yang dipakai dalam masakan khas Batak Toba diolah dengan cara yang berbeda. Darah ayam ini dicegah supaya tidak membeku dengan cara diberi garam dan perasan jeruk nipis.

Manuk Na Pinadar

Manuk Na Pinadar

Sebelum memulai memasak, pastikan kalau sudah mahir memotong ayam dulu yah. 🙂 Karena memang harus dipotong sendiri untuk dapat langsung mengambil darahnya. Ciri khas dari makanan ini adalah rasa pedas dari andaliman. Jadi tidak akan lengkap kalau tidak ada bahan yang satu ini.

Andaliman www[dot]gobatak[dot]com

Bahan:
1 kg Ayam kampung

Darah dari 1 ekor ayam, campur dengan:
– 1 sdt Garam
– 2 buah jeruk nipis

Bumbu halus yang disangrai:

  • 2 buah Serai dipotong kecil
  • 5cm Lengkuas dipotong kecil
  • 7cm jahe dipotong kecil
  • 5cm kunyit
  • 5 siung bawang putih
  • 10 siung bawang merah
  • 10 biji kemiri

Bumbu halus yang tidak disangrai

  • 15 buah cabe rawit atau secukupnya
  • andaliman secukupnya
  • garam sesuai selera

Cara Membuat:

  1. Ayam disembelih, dibului, dipotong-potong dan dibakar tanpa bumbu hingga matang.
  2. Sangrai atau bakar semua bumbu yang disangrai
  3. Kemudian giling semua bumbu yang disangrai atau blender semuanya dalam satu wadah ditambah dengan bumbu halus yang tidak disangrai
  4. Tumis semua bumbu dan campurkan dengan darah ayam yang masih mencair.
  5. Aduk merata kemudian masukkan potongan ayam panggang sampai terendam dengan bumbu. Kemudian siap disajikan.
Bumbu Ayam Pinadar

Bumbu Ayam Pinadar

Darah Ayam

Darah Ayam

Bumbu di Tumis

Bumbu di Tumis

Bumbu Dicampur dengan Darah Ayam

Bumbu Dicampur dengan Darah Ayam

Ayam Dipanggang

Ayam Dipanggang

Ayam Pinadar

Ayam Pinadar


About author

borukaro

Anak Pulau Samosir yang terdampar di Ibukota Negara. NM dari DEL. Anggap saja anak IT abal-abal yang suka nulis. Paling suka jalan dan makan, nonton, tidur dan koleksi film

cover-borukaro-wedding

Rekomendasi Tempah Sepatu Pernikahan di Jakarta

Sepatu menjadi salah satu dalam daftar yang aku pe...

Read more
borukaro wedding makeup13

Wedding Makeup Winda Salon Parapat

Mungkin ngga terlalu familiar dengan nama salon in...

Read more
Wedding Makeup

Rekomendasi Makeup Pernikahan Batak di Medan

Berbulan-bulan blogku jamuran selama persiapan ini...

Read more

There are 18 comments

  • Trimakasih bang sangat membantu.

  • Dina Yanti Sihaloho says:

    makanan khas batak kesukaan no 2 setelah naniura , rasa andalimannya tiada duanya , heheheh…

  • winda sari siahaan says:

    Selain dipanggang bisa diapain lg ayam nya.soalnya gk ada arang nih

    • borukaro says:

      halo winda, selain dipanggang pake arang biasanya aku pakai pan gitu seperti yang aku pakai di gambar. Jadi bisa dimasak di kompor tetapi ngga digoreng, cukup mengoles sedikit margarin ke daging supaya tidak langsung hitam gosong.:)

  • Atika Dewi says:

    Heyy ak orang jawa. Tp aku suka ayam ini waktu natalan k rumah temen ku. Jd ak mau mau coba buat ni. Enak ga ya tanpa darah nya?

    • borukaro says:

      Hi atika, ngga pakai darah juga bisa, cm tetap usahain tetap pakai andaliman supaya rasanya tetap berasa. Bumbu rempah khas Batak ini yg buat rasanya tetap mantap. Karena utk sebagian org memang ada yg ngga suka pakai darah.

  • andreasmcp says:

    kalau gak ada andaliman boleh gak ban?

    • borukaro says:

      boleh sih ban, tp rasanya jd hambar. Ngga ada rasa mangittirnya. 😀
      Jd kayak rasa sambal bumbu biasa, kalo ada andalimankan jd makin mantap rasanya. Mau coba disana ban?

  • Pakai air dikit bisa pas tumis bumbu ga?

  • Nis says:

    Hari ini aku mau coba resepmu dek…smg mantap ya…(Nis).

  • wuih . .
    enak kali lah itu dek . .
    kuliner Batak ancung jempol lah abng dek 😀

    Salam Kenal kita dek
    abang Bob Sembiring dari WIsataKemanaaja.Com

  • Hisyam Ammar says:

    enak tuh ayamnya coba ah buat dirumah

  • Leave a Reply